Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Untuk Tingkat Sumbar, Nagari Kuraitaji Siap Anti Korupsi

Tim Evaluator Sumbar foto bersama usai menilai Nagari Kuraitaji. (ist)

PADANG PARIAMAN, Sigi24.com -- Nagari Kuraitaji, Kecamatan Nan Sabaris, Kabupaten Padang Pariaman bersiap menjadi percontohan "nagari anti korupsi" di Sumatera Barat. 

Kuraitaji menjadi satu satunya nagari di Padang Pariaman yang ditetapkan sebagai perwakilan percontohan nagari anti korupsi, berdasarkan keputusan Gubernur Sumatera Barat nomor: 414.3-884-2023 tertanggal 28 Desember 2023. 

Tim Evaluator yang diketuai Ahda Yanuar dari Inspektorat Provinsi Sumbar, didampingi Adami Fajri dari Dikominfotik dan Dodi Pramudia dari DPMD, disambut langsung oleh Inspektur Pembantu Bidang Investigasi Raflis, Kepala Dinas Kominfo diwakili Kabid IKP Heri Sugianto, Kepada DPMD diwakili Kabid Pemdes Maisar Arisky, Camat Nan Sabaris Alkhaufa dan Walinagari Kuraitaji beserta perangkat nagari, di ruang rapat Nagari Kuraitaji, Rabu, 23/10/24.

Ketua tim Evaluator Ahda menyebutkan, bahwa tujuan program nagari/desa anti korupsi ini, adalah untuk menyebarluaskan tentang pentingnya membangun integritas, dan nilai-nilai anti korupsi kepada pemerintah dan masyarakat nagari. 

Memperbaiki tata kelola pemerintahan desa yang berintegritas sesuai indikator dalam buku panduan nagari anti korupsi, serta memberikan pemahaman dan peningkatan peran serta masyarakat nagari dalam upaya mencegah korupsi dan memberantas korupsi.

Lebih lanjut, katanya, dalam evaluasi ini pihaknya akan melihat lebih dekat bagaiman penerapan dan upaya anti korupsi di Nagari Kuraitaji, dengan melihat pemenuhan dan kelengkapan data dan dokumen di nagari, sehingga nantinya akan dilahirkan rekomendasi dan upaya perbaikan oleh nagari, dengan dibantu oleh perangkat daerah terkait. 

"Kita berharap jajaran dinas seperti Inspektorat, Dinas PMD, dan Dinas Kominfo beserta camat untuk terus memberikan dukungan dan dorongan kepada Nagari Kuraitaji, untuk memenuhi komponen evaluasi dan indikator, sehingga kekurangan dan rekomendasi bisa dilengkapi secepatnya sebelum tanggal 31 Oktober," harapnya.

Sementara itu Camat Nan Sabaris Alkhaufa menyampaikan rasa terima kasih, dan apresiasi atas dipilihnya Nagari Kuraitaji sebagai percontohan nagari anti korupsi di Padang Pariaman. 

Dia pun tak urung menyampaikan kesiapannya untuk terus mendukung Walinagari beserta jajaran, untuk terus membenahi setiap rekomendasi dan kekurang yang disampaikan oleh tim penilai atau Evaluator. 

"Kami berharap Nagari Kuraitaji akan menjadi perwakilan Sumbar untuk percontohan nagari anti korupsi di tingkat nasional," harapnya.

Walinagari Kuraitaji Syukri menyatakan, siap untuk menjadi nagari anti korupsi di Padang Pariaman dan Sumatera Barat. 

Dia menyebutkan, terhadap pemenuhan kekurangan eviden dari evaluasi dan rekomendasi dari Tim Evaluator, akan ditindaklanjuti dan dilengkapi, dalam waktu dekat sampai batas waktu yang di tentukan. 

"Kita akan upayakan semaksimal mungkin untuk memenuhi semua komponen dan indikator penilaian dan evaluasi yang disampaikan tim, sehingga kita bisa ditetapkan sebagai nagari percontohan anti korupsi perwakilan Sumbar," sebut Syukri.

Diketahui, evaluasi dan penilaian nagari anti korupsi ini memiliki lima komponen dan 18 indikator pemberdayaan desa anti korupsi.

Antara lain, komponen penataan tatalaksana dengan lima indikator, penguatan pengawasan dengan tiga indikator, penguatan kualitas pelayanan publik dengan lima indikator, penguatan partisipasi masyarakat dengan tiga indikator serta komponen kearifan lokal dengan dua indikator. (rel/red)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies