Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Pengurus FASBANA Pariaman Dikukuhkan

Pengurus FASBANA Pariaman foto bersama usai dikukuhkan. (ist)

PARIAMAN, Sigi24.com -- Pj. Wali Kota Pariaman diwakili Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Raski Fitra ajak Forum Adat Seni Budaya Anak Nagari (FASBANA) Pariaman, lestarikan nilai-nilai adat dan budaya di kalangan generasi muda di Kota Pariaman.

Hal ini disampaikan pada acara pelantikan dan Pengukuhan Pengurus FASBANA Pariaman Periode 2024-2029, di Balairung Rumah Dinas Walikota Pariaman, Kelurahan Kampung Jawa II, Kecamatan Pariaman Tengah, Minggu (20/10/2024).

Pada kesempatan tersebut, Raski mengajak FASBANA Pariaman untuk berperan aktif dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah untuk melestarikan nilai-nilai adat dan budaya yang sudah mulai memudar dan terkikis dikalangan generasi muda.

“Bagaimana upaya yang harus dilakukan generasi muda untuk melestarikan nilai Adat Seni dan kebudayaan, salah satunya adalah menumbuhkan generasi muda yang mempunyai rasa cinta dan upaya untuk melestarikan Adat Seni dan kebudayaan lokal yang kita punya,” ujarnya.

Raski juga menjelaskan untuk melestarikan nilai Adat Seni dan kebudayaan, kita harus mengenal dan mempelajari Adat dan budaya lokal. Memperkenalkan Adat dan budaya lokal kita kepada orang lain, memanfaatkan media sosial sebagai media untuk promosi Adat Seni dan budaya kita dan Aktif dalam mengikuti kegiatan kebudayaan di berbagai event dan komunitas yang ada, tuturnya.

“Dengan telah dilantik dan dikukuhkanya Pengurus FASBANA Pariaman ini, kita berharap agar nilai-nilai adat, seni dan budaya lokal yang kita punya, dapat terus eksis dan terpelihara ditengah terpaan globalisasi dan budaya barat yang berkembang di generasi muda kita saat ini,” tutupnya.

Pengurus FASBANA Pariaman resmi dilantik oleh Wakil Ketua LKAAM Kota Pariaman, Syamwir Ali. Pengurus yang dilantik adalah untuk Ketua Umum (Ketum) Afriade Zapri Zaldi, Sekretaris Umum (Sekum) Askari Rizal, dan Bendahara Umum (Bendum) Ardianti Permatasari. 

Pengurus yang dilantik sebayak 70 orang, dimana terdiri dari berbagai latar organisasi kepemudaan baik yang berada di Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman.

Forum Adat Seni Budaya Anak Nagari Pariaman merupakan forumnya adat pemuda Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman. Dimana forum dapat menjadi wadah pembinaan dan pendidikan pemuda dalam adat, seni budaya dan permainan anak nagari. 

"Untuk itu kami mohon dukungan dari niniak mamak, alim ulama, Cadiak Pandai, bunda kandung serta pemerintahan daerah Kota Pariaman dan kab. Padang Pariaman," ujar Afriade Zapri Zaldi.

Dalam sambutan ketua Umum FASBANA Pariaman Afriade Zapri Zaldi menyampaikan kepada seluruh pengurus FASBANA Pariaman, ini merupakan hari bersejarah bagi kita semua dimana dengan hari dan waktu yang sama di Gedung MPR, DPR telah terlaksana pelantikan Presiden dan wakil Presiden RI dan di sini di Gedung Balairung rumah dinas walikota Pariaman juga terlaksana Pelantikan Forum Adat Seni Budaya Anak Nagari Pariaman. 

Untuk itu mari kita selalu bersemangat, bekerja Karas, Berkejasama, bergotong royong dan Berkolaborasi untuk menjadi Pemuda Parik Paga Nagari. Ini merupakan tanggung jawab yang sangat besar bagi kita semua untuk dapat menjaga melestarikan adat budaya Alam Minangkabau, tuturnya.

Kedepan Fasbana Pariaman akan mengibarkan Sayapnya sampai ke tingkat Kecamatan, Nagari, Desa/Kelurahan yang ada di lingkungan Pemerintahan kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman khususnya, Umum Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat kedepannya, tuturnya

Pelantikan FASBANA Pariaman ini juga dihadiri oleh Sekretaris LKAAM yang juga Dewan Pembina Fasbana Priyadi, Sekretaris Dinas Kominfo Riky Falantino sebagai salah satu Pembina Fasbana, Ketua Bundo Kanduang Arrahmi serta Ketua KAN se-Kota Pariaman.

Pewarta: yudi hernandez 

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies