Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Pasar, Mengharapkan Program dalam Visi Misinya JKA- Rahmat


Oleh: AS Edi*

Pasar merupakan sebuah tempat, ruangan atau area untuk berdagang, bertemunya penjual dan pembeli. Pasar juga sebagai tempat transaksi jual beli antara penjual dengan pembeli. Kehadiran pasar ada yang tradisional dan ada pasar modern.

Pasar tradisionl adalah pasar yang menggunakan cara bertukar barang dan alat tukar secara tradisional, barang-barang yang dijual pun biasanya barang kebutuhan dasar, harganya murah dan bisa tawar menawar antara pembeli dengan penjual. 

Pasar tradisional dominasinya menyediakan kebutuhan primer secara lengkap, dan harganya pun lebih murah. Transaksi pembayarannya masih dengan uang tunai, 

Kedua, pasar modern pada umumnya hadir dalam tempat, ruangan atau area yang agak mewah dan lebih nyaman bagi pedagang dan pembeli, menjual dan membeli kebutuhan dasar dan keperluan lainnya. Transaksi jual beli sudah dominan dengan pembayaran e-money. 

Pasar tradisonal maupun pasar modern, yang jelas dan pasti adalah sarana prasarana dan fasilitas yang berfungsi sebagai : 

1. Pertemuan pedagang dan pembeli dengan barang-barang yang dibutuhkan atau yang diinginkan. 

2. Mata pencaharian masyarakat

3. Peningkatkan perekonomian rakyat. 

Kabupaten Padang memilki 39 pasar nagari, sebelum Pariaman jadi kota devenitif, pasar kabupaten adalah pasar Pariaman sekarang dan sejak ibu kota Kabupaten Padang Pariaman pindah ke Parit Malintang, belum ada rencana penyediaan lahan untuk pembangunan pasar IKK Padang Pariaman. 

Barangkali selama ini Pemerintah Daerah belum mampu membuat konsep Renstra Pembangunan Pasar untuk RPJM atau RPJP Kabupaten Padang Pariaman tentang pasar yang berfungsi seperti penjelasan tulisan di atas. 

Menjelang tercapainya keinginan untuk menghadirkan Pasar Pusat IKK Padang Pariaman, kita titipkan perubahan daerah sesuai visinya JKA - Rahmat untuk "membangun Padang Pariaman maju dan sejahtera" di sektor pasar yang representatif dan menghadirkan pasar modern oderen di Lubuk Alung. 

Revitalisasi Pasar Ternak di Sungai Sariak serta sentralisasi pasar buah dan sayur di Sungai Limau, karena ketiga pasar ini berada pada jalur jalan nasional (Lubuk Alung dan Sungai Limau), dan Sungai Sariak berada pada jalur jalan provinsi. 

*Ketua LSM District Goverment with Transformacy and Transfaransy Program (DGTT P) Sumbar


Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies