Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Buat Komunitas Belajar Guru SDN 28 Batang Anai, Tim Pengabdian UNU Sumbar Gelar Pelatihan dan Pembinaan

Tim pengabdian masyarakat UNU Sumbar foto bersama dengan komunitas belajar guru SDN 28 Batang Anai. (ist)

PADANG, Sigi24.com -- Tim pengabdian masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sumatera Barat, melakukan pelatihan dan pembinaan kepada komunitas belajar guru SDN 28 Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Selasa 24 September 2024.

Pelatihan itu dilakukan, dalam pengembangan media pembelajaran berbasis PowToon dan E- modul, berbantuan Sigil Software, berbudayakan kearifan lokal.

Program kegiatan ini didanai oleh Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Masyarakat, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi tahun anggaran 2024.

Tim Pelaksanaan Firdaus, SS. M.Si, Ari Limay Trisno Putra, M.Pd, Nofriza Efendi, M.Pd.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi anggota kami, karena guru dapat membuat video animasi pembelajaran yang menarik, dan E-modul yang dapat mendukung penerapan digitalisasi pada proses pembelajaran,” ujar Kepala SDN 28 Batang Anai Gusniarti S.Pd.

Ari Limay Trisno Putra, tim pelaksana menyebutkan, kegiatan PKM ini berlangsung dari Agustus sampai Oktober 2024, diawali dengan melakukan sosialisasi penyampaian undangan kepada anggota komunitas belajar guru, untuk ikut berpartisipasi aktif dalam program ini, pelatihan dan evaluasi.

Pelaksanaan pelatihan ini diikuti semua anggota komunitas belajar guru, yang berjumlah 35 orang dan didampingi oleh tim PKM dan mahasiswa.

Pertemuan pelatihan ini akan dilakukan empat kali pertemuan dengan kegiatan 1. Pengenalan aplikasi Powtoon 2. Pembuatan atau memproduksi media pembelajaran Powtoon.

3. Pengenalan Sigil Soffware untuk pembuatan E-Modul 4. Pembuatan atau memproduksi E-Modul.

Kegiatan Evaluasi para peserta diminta untuk menampilkan hasil karya yang mereka produksi, dan dipublikasikan di media sosial youtube mereka.

Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa, akan diberikan rekognisi Kampus Merdeka, Merdeka Belajar berupa konversi mata kuliah minimal 6 SKS, sesuai dengan kompetensi kegiatan yang dilaksanakan. Mahasiswa yang dilibatkan sudah sesuai dengan bidangnya yaitu Teknik Informatika. (rel/red)

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies