Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

UNU Sumbar Berharap 10 Persen Mahasiswa Melakukan MBKM

Mahasiswa UNU Sumbar yang sedang KKN tematik mitigasi bencana, pasca eropsi Gunung Marapi. (ist)

PADANG, Sigi24.com -- Mendukung program MBKM Mandiri, Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sumatera Barat menyelenggarakan KKN tematik mitigasi bencana pasca bencana Gunung Marapi.

Sebanyak 27 orang mahasiswa di tempatkan di lokasi terdampak bencana letusan Gunung Marapi di Sumatera Barat. Program membangun desa atau KKN tematik ini, merupakan yang perdana dilaksanakan sebagai bagian dari program MBKM yang dilaksanakan secara mandiri. 

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari program hibah PKKM ISS-MBKM UNU Sumbar tahun 2024. Sebagai syarat penerima hibah PKKM, harus melaksanakan MBKM secara mandiri, sebagi bagian dari dana pendamping perguruan tinggi.

UNU Sumbar memberikan bantuan biaya hidup (BBH) bagi mahasiswa, yang mengikuti program membangun desa/KKN tematik mitigasi bencana, selama melaksanakan KKN, yang diserahkan langsung di lapangan oleh Ketua Program PKKM UNU Sumbar Dr. Zasmeli Suhaemi.

Selama berkegiatan KKN tematik mitigasi bencana, mahasiswa membantu nagari/desa dalam hal pendataan korban bencana, penyaluran bantuan dan ikut memeriahkan perayaan HUT kemerdekaan RI di lokasi, dengan berbagai kegiatan lomba yang merakyat. 

Melalui program PKKM UNU Sumbar, mahasiswa juga akan melaksanakan MBKM yang mendapatkan pendanaan dari Kemdikbudrisetk, berupak kegiatan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM), kewirusahaan merdeka, dan magang bersertifikat. 

Sebanyak tujuh orang mahasiswa dan tiga kelompok, telah berhasil lolos dalam seleksi yang dilakukan oleh panitia PKKM. 

Selain itu, untuk program kewirausahaan merdeka mandiri juga telah lolos dalam seleksi sebanyak dua kelompok mahasiswa. 

Beranjak dari kegiatan PKKM ini, UNU Sumbar berharap dapat mencapai target 10 persen mahasiswa telah melakukan MBKM Mandiri tahun 2024, sebagai salah satu syarat Reakreditasi yang baru. (ad/red)

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies