Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Bersih dan Doa Jahar Masjid India Kuala Lumpur Oleh: Duski Samad

Sesudut Masjid India di Kuala Lumpur, saat Prof. Duski Samad transit di negara itu. (ist)

Catatan saat Transit di Malaysia menuju Phonm Phen 19 Agustus 2024

Masjid satu di antara penanda komunitas muslim dalam satu wilayah dan tumbuh seiiring dengan peradaban masyarakat dan umat Islam di kota itu sendiri. 

Kuala Lumpur sebagai kota tua di Nusantara juga mewariskan tradisi masjid tua, yang nama masjidnya mengunakan nama etnis, Masjid India yang terletak di jantung kota Kuala Lumpur.

Masjid India seperti mana yang ada kini telah diresmikan pada 30 Ogos 1974, upacara perasmian ini telah disempurnakan oleh DYMM Sultan Selangor, Sultan Salahuddin Abdul Aziz Shah. 

Dengan pertambahan komuniti India muslim di sekitar Lembah Kelang, masjid ini terpaksa dinaik taraf beberapa kali bagi tujuan menampung jemaah serta aktiviti yang dianjurkan oleh pengurusan masjid. 

Dianggarkan lebih kurang 3,500 orang jemaah akan mendirikan solat fardhu Jumaat di masjid ini, dan Khatib akan menyampaikan khutbah dalam bahasa Tamil. Masjid India turut mencatatkan sejarah uniknya yang tersendiri iaitu ianya kekal sebagai masjid yang tertua di Kuala Lumpur.

Portal Masjid India memuat informasi Masjid India pula sangat popular di kalangan peniaga India Muslim di Jalan Masjid India. 

Masjid ini berlokasi di jalan Melayu Kuala Lumpur. Masjid India dibina pada 3 Jamadill awal 1382 bersamaan 10 September 1964 Masihi. Pada mulanya ia dikenali dengan nama Masjid India Selatan. Masjid ini tidak putus-putus dikunjungi oleh masyarakat muslim di ibu kota dan juga musafir. 

Seperti Masjid Jamek juga, Masjid India memainkan peranan penting sebagai pusat ibadah di tengah-tengah kesibukan pusat perniagaan terkenal ini. Masjid ini akan sesak dengan jemaah apabila waktu solat Jumaat. 

Oleh kerana masjid ini digunakan oleh berbagai-bagai bangsa yang menganut agama Islam, khutbah Jumaat dibacakan di dalam tiga bahasa, iaitu bahasa Urdu, bahasa Inggris dan bahasa Melayu.

Masjid India berada pada pusat perdagangan yang mayoritas pemilik dan pembelinya bangsa India, Bangladesh dan Pakistan. Aura minyak wangi India, kuliner India dan toko yang menjual pakaian asesoris India etnis India. Maknanya bahwa masjid ada ikatan kuat dengan segala hal yang berkaitan dengan India.

DOA JAHAR DAN KOMUNITAS 

Doa jahar artinya bacaan doa selesai shalat berjamaah yang dipimpin oleh imam shalat dengan suara kedengaran, dan di aminkan oleh jamaah. Doa jahar selesai shalat berjamaah ini penulis temukan di beberapa masjid komunitas India di beberapa negara. 

Pikiran penulis bergerak ternyata ada hubungan erat masjid dengan komunitas. Hubungan komunitas Islam dengan masjid sangatlah erat dan mendalam. Masjid merupakan pusat kegiatan keagamaan dan sosial bagi umat Islam, dan berperan penting dalam kehidupan komunitas Muslim. 

Berikut beberapa aspek hubungan tersebut. 

1. Tempat Ibadah:

Masjid adalah tempat utama untuk melaksanakan ibadah sholat lima waktu, sholat Jumat, dan sholat Tarawih di bulan Ramadan. Masjid juga menjadi tempat untuk beribadah lainnya seperti membaca Al-Quran, berdzikir, dan berdoa.

2. Pusat Pendidikan:

Masjid seringkali menjadi tempat pengajian, ceramah agama, dan kelas belajar Al-Quran. Masjid juga berperan dalam mendidik anak-anak dan remaja tentang nilai-nilai Islam.

3. Tempat Bertemu dan Bersosialisasi:

Masjid menjadi tempat berkumpulnya umat Islam untuk berbagai kegiatan sosial, seperti pertemuan, diskusi, dan acara keagamaan. Masjid juga menjadi tempat untuk saling mengenal dan membangun silaturahmi antar anggota komunitas.

4. Pusat Amal dan Kebaikan:

Masjid seringkali menjadi tempat pengumpulan dana untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Masjid juga menjadi tempat untuk melakukan kegiatan sosial seperti membantu korban bencana, memberikan santunan kepada anak yatim, dan lain sebagainya.

5. Simbol Identitas:

Masjid menjadi simbol identitas bagi umat Islam. Keberadaan masjid menunjukkan bahwa komunitas Islam ada dan aktif di suatu wilayah.

6. Tempat Pengambilan Keputusan:

Dalam beberapa kasus, masjid menjadi tempat untuk membahas dan mengambil keputusan penting bagi komunitas Islam. 

Misalnya, dalam hal pemilihan imam, pengelolaan dana masjid, atau kegiatan sosial lainnya.

7. Tempat Perlindungan:

Dalam sejarah, masjid seringkali menjadi tempat perlindungan bagi umat Islam yang teraniaya. Masjid juga menjadi tempat untuk mencari perlindungan dan ketenangan bagi siapa saja yang membutuhkan.

Singkatnya, masjid merupakan pusat kehidupan bagi komunitas Islam. Masjid bukan hanya tempat ibadah, tetapi juga tempat untuk belajar, bersosialisasi, beramal, dan membangun identitas. Hubungan antara komunitas Islam dan masjid sangatlah erat dan saling mendukung. Begitu juga halnya dengan Masjid India di jalan Melayu Kuala Lumpur.

MASJID BERSIH

Masjid India ini kebersihan kamar mandi, tempat wuduk, dalam dan luar masjid cukup baik dan tidak ada bau tidak sedap. Ramainya jamaah orang India dengan tubuh besar, dan makan kuat ternyata kebersihan kamar mandi dapat terjaga. 

Kesan menarik yang patut dinikmati saat shalat berjamaah di Masjid India Kuala Lumpur adalah bacaan doa suara nyaring oleh imam selesai shalat fardu. Suasana dzikir dan doa selesai shalat berjamaah adalah pilihan ibadah komunitas India di Kuala Lumpur. #tehtariknunggumaghrib@19082024

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies