Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Baznas Solok Jajaki Pembentukan UPZ Wartawan

Pengurus Baznas foto bersama dengan pengurus Forwas Kabupaten Solok. (ist)

SOLOK, Sigi24.com – Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Solok, H. Edwar mengajak wartawan daerah itu, untuk menjadi motor dalam pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di kalangan wartawan.

Hal ini disampaikan Edwar saat audiensi dengan Pengurus Forum Wartawan Solok (Forwas), di Kantor Baznas Kabupaten Solok, di komplek Masjid Agung Darussalam Islamic Center Koto Baru, Kecamatan Kubung, Selasa lalu (30/7/2024).

Menurut Edwar, saat ini sedang diupayakan pembentukan UPZ di setiap jorong dan nagari, serta kelompok masyarakat maupun lembaga pemerintahan dan swasta. Salah satunya adalah pembentukan UPZ di kalangan media, jika memungkinkan.

Pada audiensi tersebut, Ketua Baznas Edwar didampingi Wakil Ketua I, Efendi Nur, Wakil Ketua III, H. El Yunus, dan Wakil Ketua IV, Nazaruddin.

Sedangkan dari Pengurus Forum Wartawan Solok (Forwas), hadir Ketua Forwas, Riswan Jaya, Sekretaris, Herman Rante dan Bendahara Irda Lili.

Juga ada, Dewan Penasehat Syamsuardi Hasan dan Yemrizon Dt. Pengulu Nan Sati, serta Bidang Kesra dan Umum, Albetra.

Lebih lanjut Edwar mengatakan, bahwa UPZ adalah satuan organisasi yang dibentuk oleh Baznas, untuk membantu pengumpulan zakat.

”UPZ memiliki tugas mengumpulkan zakat untuk melayani muzakki, yang berada pada nagari atau kecamatan, instansi-instansi pemerintah dan swasta, baik dalam negeri maupun luar negeri,” tutur Edwar.

Untuk itu, ujar H. Edwar, apabila nanti terbentuk UPZ wartawan, maka awak media atau rekan wartawan yang ingin berzakat, bisa menyalurkan zakatnya melalui UPZ Wartawan yang ada di Kabupaten Solok.

Pada kesempatan itu Edwar juga menyebutkan, pada tahun 2023, Baznas berhasil menghimpun dana Zakat Infak Sedekah (ZIS) sebesar Rp11.823.340.718, dan melampaui target yang ditetapkan.

Dana tersebut, ujar Edwar, telah disalurkan kepada para mustahik dalam berbagai program.

”Mencakup ekonomi, pendidikan, kesehatan, kemanusiaan, serta infak dan sedekah,” tutur Edwar.

Sedangkan Ketua Forum Wartawan Solok (Forwas) Riswan Jaya didampingi Sekretaris, Herman Rante, Bendahara Irda Lili dan pengurus lainnya, mengucapkan terima kasih kepada Ketua Baznas Kabupaten Solok Edwar beserta para wakil ketua, yang telah menerima kunjungan dan audiensi Forwas di Kantor Baznas.

Riswan Jaya mengatakan, terkait ajakan Ketua Baznas kepada Pengurus Forwas, untuk menginisiasi membentuk UPZ Wartawan di Kabupaten Solok, itu adalah sebuah gagasan yang baik.

Dan hal itu, ujar Riswan Jaya, akan dibicarakan oleh pengurus Forwas, dalam rapat, terkait pembentukan UPZ Wartawan tersebut.

”Semoga saja, wacana pembentukan UPZ Wartawan di Kabupaten Solok ini dapat terwujud,” ucap Riswan Jaya. (Minangkabaunews.com)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies