Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Reguler dan Tematik Mitigasi Bencana, 113 Mahasiswa UNU Sumbar KKN di Pasaman Barat dan Agam

Foto bersama usai pelepasan dan pembekalan KKN UNU Sumatera Barat. (ist)

PADANG, Sigi24.com -- Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sumatera Barat, Selasa 16 Juli 2024 menggelar pembekalan dan pelepasan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler dan Tematik Mitigasi Bencana, angkatan VI tahun akademik 2024/2025.

KKN itu diikuti 113 mahasiswa. Pembekalan dan pelepasan langsung dipimpin Rektor UNU Sumatera Barat, Prof. Yunia Wardi di Aula kampus UNU di Padang.

Kegiatan ini juga dihadiri lengkap oleh unsur pimpinan, mulai dari Wakil Rektor I, II, III, Dekan Fakultas Sains, Teknik, Sosial dan Humaniora, serta pimpinan Prodi di lingkungan UNU Sumbar. 

Pembekalan mahasiswa juga dihadiri oleh narasumber tamu, Camat Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat yang diwakili oleh Jupri Antoni, Kasi Ekbang Kecamatan Kinali, dan dihadiri juga oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (DPMN) Kabupaten Pasaman Defi Irawan. 

Kemudian, dilanjutkan pembekalan oleh narasumber internal, Dr. Zasmeli Suahemi, selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat.

Ketua Panitia KKN Dicky Rustam menyampaikan, kegiatan KKN angkatan ke VI tahun 2024 ini berbeda dengan KKN tahun sebelumnya.

"Tahun sebelumnya lokasi KKN hanya berada pada satu tempat. KKN tahun ini dibagi menjadi dua, yaitu KKN Reguler dan KKN Tematik Mitigasi Bencana," katanya. 

Mahasiswa yang tergabung dalam KKN Reguler akan ditempatkan pada tujuh nagari di Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat sebanyak 86 orang mahasiswa. 

Pelaksanaan KKN Reguler dijadwalkan berlangsung selama 40 hari, terhitung mulai 17 Juli hingga 26 Agustus 2024. 

KKN Tematik, berdasarkan himbauan Gubernur Sumbar dan koordinasi dibawah Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTASI) Wilayah X-A. 

KKN ini merupakan kegiatan melakukan sosialisasi mitigasi bencana kepada masyarakat. Mahasiswa yang tergabung dalam KKN Tematik Mitigasi Bencana akan ditempatkan di Nagari Bukit Batabuah, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, sebanyak 27 orang. 

KKN Tematik Mitigasi Bencana dijadwalkan berlangsung selama dua bulan, terhitung sejak tanggal 20 Juli- 20 September 2024. 

Pada acara pembukaan dan pelepasan tersebut, panitia menyampaikan informasi bahwa telah menunjuk sebanyak tujuh orang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), empat orang dosen pada KKN Reguler dan tiga orang dosen pada KKN Tematik Mitigasi Bencana.

Dalam Sambutannya, Rektor UNU Sumatera Barat Prof. Yunia Wardi menyampaikan, bahwa KKN merupakan kegiatan akademik yang terdapat dalam kurikulum mahasiswa, yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat. 

"KKN merupakan bentuk pengimplementasian keilmuan yang telah diperoleh mahaiswa selama berkuliah di Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat," katanya. 

Rektor Yunia Wardi berpesan, agar mahasiswa dapat menerapkan pepatah Minang, yaitu” dima bumi dipijak di situ langik dijujuang”, yang secara sederhana mahasiswa mampu beradaptasi dengan lingkungan dimanapun berada.

"Baik beradaptasi dengan budaya, adat istiadat, dan kearifan lokal masyarakat setempat. Kemudian mahasiswa diharapakan dapat menjaga diri dengan baik, menjaga nama baik perguruan tinggi, serta tidak lupa Rektor menyampaikan kepada mahasiswa untuk selalu mempromosikan Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat agar lebih dikenal oleh masyarakat," ujar Rektor Yunia Wardi.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies