Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

SDN 20 Gumarang Gelar Pesantren dan Festival Ramadhan

Staf Ahli Bupati Agam Aryati mengalungkan tanda peserta ke salah seorang murid SDN 20 Gumarang yang ikut pesantren Ramadhan. (fn)

Agam, Sigi24.com--Dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1444 H, SDN 20 Gumarang menggelar rangkaian kegiatan pesantren dan festival Ramadhan. Kegiatan tersebut dilaksanakan tanggal 27 Maret hingga 15 April 2023, di Masjid Al Wustha, Alahaan Anggang, Jorong Gumarang II.

Kepala SDN 20 Gumarang Helmi, S.Pd menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari edaran Sekretaris Daerah Kabupaten Agam serta edaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

"Sesuai arahan Sekda, semua kegiatan pembelajaran di sekolah di fokuskan ke masjid terdekat dan harus berkolaborasi dengan pemerintah nagari serta niniak mamak," ucap Helmi.

"Kegiatan pesantren wajib diikuti oleh 143 siswa dari kelas 1 sampai kelas 6, hanya saja kelas 1-3 sampai pukul 10 dan kelas 4-6 sampai Zuhur setelah sholat berjamaah," kata Meginda Putra, Ketua Pelaksana. 

Selain itu, kata Meginda, kegiatan diisi dengan dimulai sholat Dhuha, tadarus Al-Qur'an, tahfiz dan juga ceramah agama yang disampaikan oleh niniak mamak maupun ustadz yang diundang.

Sementara itu, turut hadir juga Aryati, S.Sos, M.Si mewakili Bupati Agam yang juga merupakan Staf Ahli Bupati bidang Pendidikan, Walinagari Tigo Koto Silungkang Doni Cendra, S.Sos.i serta Pengawas TK/SD Kecamatan Palembayan Heppy Kusnandar,S.Pd., M.Mpd.

Dalam sambutannya Aryati, S.Sos., M.Si menyampaikan, bahwa pesantren Ramadhan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana tahun sebelumnya masih ada kegiatan belajar di sekolah, sedangkan tahun ini semua kegiatan dialihkan ke masjid/musholla terdekat. 

"Dengan pola ini sesuai harapan Bupati Agam, agar siswa dan siswi kita bisa kembali meramaikan masjid dan lebih banyak aktivitas keagamaan di masjid," ucap Aryati pada saat membuka acara pesantren Ramadhan yang diselenggarakan oleh SDN 20 Gumarang di Masjid Al Wustha.

Walinagari Tigo Koto Silungkang Doni Cendra, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat, bahwa kegiatan Pesantren Ramadhan ini menjadi ajang untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT serta menambahkan keimanan dan ketaqwaan. 

"Insya Allah sebagai Walinagari dan juga merupakan alumni SD 20 Gumarang, saya akan bersama-sama terus bersinergi dengan pihak sekolah untuk terus mendorong peningkatan akhlak dan karakter siswa," ucap walinagari seraya ikut menyumbang hadiah untuk perlombaan siswa nanti.

Heppy Kusnandar, selaku pengawas TK/SD menyampaikan apresiasinya kepada Kepala Sekolah dan majelis guru yang mampu mewujudkan arahan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten agam. 

"Ini bukti bahwa kolaborasi dengan nagari, niniak mamak serta instansi terkait bisa diwujudkan dalam mendorong peningkatan kualitas keagamaan siswa dan siswi kita terutama selama bulan Ramadhan," ucapnya.

Dalam kesempatan ini Aryati, S.Sos., M.Si juga menyematkan tanda peserta pesantren Ramadhan kepada siswa dan siswi serta memberikan hadiah kepada peserta yang tampil membawakan shalawat, tahfidz, serta menjawab kuis yang ditanyakannya. (fn/rls)

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies