Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

TP PKK Lubuk Alung Studi Tiru ke Nagari Padang Laweh Malalo

Walinagari Lubuk Alung Hilman H Datuak Mangkuto Alam menerima bibit pokat dan saus dari Walinagari Padang Laweh Malalo Akhyari Datuak Talarangan. (damanhuri)

Tanah Datar, Sigi24.com--Tim Penggerak PKK Nagari Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Kamis (22/12/2022) melakukan kunjungan dan studi tiru ke Nagari Padang Laweh Malalo, Kecamatan Batipuah Selatan, Kabupaten Tanah Datar. 

Rombongan dua bus pariwisata ini langsung dipimpin Ketua TP PKK Lubuk Alung Lidia Novita. Ikut juga Walinagari Hilman H Datuak Mangkuto Alam bersama sejumlah perangkat nagari. 

Diterima Walinagari Padang Laweh Malalo Akhyari Datuak Talarangan, Wakil Ketua TP PKK Nurlaila, dan Ketua Badan Perwakilan Anak Nagari (BPAN) setempat. 

Walinagari Akhyari menyampaikan ucapan selamat datang di nagarinya kepada rombongan. 

"Padang Laweh Malalo dulu terkenal dengan tempat orang ziarah. Dan kini, meningkat kunjungan dengan adanya wisata baru, Ecopart Tan Kayo," katanya. 

Sementara, katanya, soal kehidupan masyarakat banyak bergantung pada Danau Singkarak. Tanaman petani yang menonjol hanya pokat dan saus. 

"Silakan ambil yang baik dan bermanfaat yang ada di nagari ini," kata dia. 

Walinagari Lubuk Alung Hilman H Datuak Mangkuto Alam menyampaikan ucapan terima kasih atas penerimaan rombongan nagarinya di Padang Laweh Malalo ini. 

"Sebenarnya, antara Padang Laweh Malalo dengan Lubuk Alung tak begitu jauh. Namun, karena harus lewat berputar, jadi jauh," sebutnya. 

Menurutnya, sebagai daerah rantau dareknya rang Piaman sebagian besarnya di Luhak Nan Tuo ini. Bahkan, dareknya Lubuk Alung dominan di Batipuah. 

Walinagari Hilman juga mengajak pemerintahan Nagari Padang Laweh Malalo untuk berkunjung ke Lubuk Alung.

"Tak mesti formal. Bila ke Padang, singgahlah di Lubuk Alung," ujar Ketua Forum Walinagari Kabupaten Padang Pariaman ini. 

Wakil Ketua TP PKK Padang Laweh Malalo Nurlaila mempersentasikan berbagai prestasi PKK, di tengah keterbatasan. 

Baik prestasi tingkat Tanah Datar maupun provinsi. "Alhamdulillah, kita punya aset untuk kebutuhan pesta di rumah masyarakat," katanya. 

Mulai dari aset peralatan dapur, sampai ke kelengkapan pesta. " Pokoknya, semua itu dari tahun ke tahun bertambah, dari peredaran di pesta masyarakat," ulasnya. 

Ketua TP PKK Lubuk Alung Lidia Novita dan rombongannya merasa senang dan bersemangat sekali mendengarkan prestasi tim PKK nagari yang dikunjunginya. 

"Yang menjadi menarik, adalah prestasi lewat kerja ikhlas, tanpa anggaran yang besar. Sungguh luar biasa," kata Lidia Novita dalam sambutannya. 

Dia tertarik soal pembibitan pokat dan saus, begitu terkenal di nagari ini. Dan di penghujung kegiatan, diadakan tukar cenderamata.

Tentu momen foto bersama dan saling berbagi informasi, menjadi kekuatan silaturahmi kedua nagari tersebut. (ad)



Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies