Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Ketika Pokat dan Saus Jadi Tanam Unggulan Padang Laweh Malalo

Foto bersama usai studi tiru. (ist)

Tanah Datar, Sigi24.com--Nagari Padang Laweh Malalo jadi tujuan studi tiru TP PKK Nagari Lubuk Alung, Kamis (22/12/2022). Ya, sebuah nagari di Kecamatan Batipuah Selatan, Kabupaten Tanah Datar. 

Nagari di tepi Danau Singkarak ini pernah berprestasi, sehingga dipilih jadi tujuan silaturahmi kali ini oleh Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman. 

Seperti sambutan Walinagari Padang Laweh Malalo, Akhyari Datuak Talarangan, bahwa nagari yang dia pimpin terdiri dari empat jorong. 

"Yakni, Jorong Tanjuang Sawah, Padang Laweh, Tangah XX, dan Jorong Rumbai. Selamat datang di nagari ini, semoga bisa memberikan manfaat," kata dia. 

Bagi Akhyari Datuak Talarangan, Padang Pariaman tak asing lagi. Dia punya pertalian dengan daerah itu, dan pernah belajar dulunya di Padang Pariaman. 

Dia menyebutkan, dua jenis tanaman yang dijadikan tanaman unggul di nagarinya. Yakni, pokat dan saus. Tak heran, sepanjang jalan menuju pusat nagari di Padang Laweh, banyak ditemui tanaman itu. 

Dan itu pula sebabnya Ketua TP PKK Lubuk Alung Lidia Novita memfokuskan studinya soal pengembangan kedua tanaman itu.

"Tentu dengan harapan, bisa di kembangkan di Lubuk Alung. Kita tahu, pokat punya banyak manfaat dan keunggulan," kata Lidia Novita.

Menurut dia, pokat bisa melancarkan pencernaan, enak dimakan, dan bahkan bisa merawat kecantikan. 

Walinagari Lubuk Alung Hilman H Datuak Mangkuto Alam begitu akrab dengan Walinagari Padang Laweh Malalo. 

"Kalau ingin teh telor, sala lauak, silakan mampir di Lubuk Alung. Tak mesti formal. Sambil lewat mau ke Padang, ya welcome di Lubuk Alung," kata Ketua Forum Walinagari Padang Pariaman ini. 

Hilman menyampaikan terima kasih atas layanan Nagari Padang Laweh Malalo, yang begitu luar biasa. 

Wakil Ketua TP PKK Padang Laweh Malalo Nurlaila mengakui, bahwa untuk kelompok usaha belum ada yang mapan di nagari. 

"Ya, masih sendiri-sendiri. Dia yang menangkap ikan bilis di danau, dia pula yang mengolah dan menjualnya," katanya.  (ad)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies