Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

UNU Sumbar Gelar PKKMB

Kegiatan PKKMB UNU Sumbar. (ist)
Padang, Sigi24.com--Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat kembali dilaksanakan secara langsung setelah dua tahun diadakan secara daring akibat pandemi Covid-19. 

Gelaran yang dilaksanakan selama dua hari dimulai pada hari Jumat 30 September sampai Sabtu 1 Oktober 2022 bertempat di aula Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat, jalan S Parman 119 A  Ulak Karang Padang dengan mengangkat tema “Perguruan tinggi yang menghasilkan tenaga profesional dengan semangat kewirausahaan, religius modern dan terintegrasi dengan nilai nilai Islam Rahmatan lil Alamiin”. 

Dengan tema tersebut para mahasiswa baru tidak hanya diajak untuk mengenal lebih dekat dengan lingkungan kampus, namun juga menemukan tujuan diri masing-masing selama mengikuti perkuliahan.

“Melalui dua hari kegiatan PKKMB ini, mahasiswa baru harapannya dapat menemukan jati diri dan tujuannya masing-masing secara mandiri, sehingga siap untuk menghadapi kehidupan pasca pandemi yang sebenarnya penuh dengan ketidakpastian,”  menurut Firdaus, Ketua Pelaksana PKKMB UNU Sumbar.  

Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mengakrabkan mahasiswa dengan kehidupan kampus, terutama dengan berbagai hal yang menyangkut studinya.

Rangkaian kegiatan PKKMB diawali dengan upacara pembukaan yang dibuka oleh Rektor UNU Sumbar Prof Dr H Yunia Wardi. 

“PKKMB merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap awal tahun akademik baru dimana pelaksanaan PKKMB adalah tanggung jawab pimpinan perguruan tinggi, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa ikut membantu pelaksanaan kegiatan ini. Oleh karenanya kita harus tetap memperhatikan protokol kesehatan pecegahan penyebaran Covid19. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan Civitas Akademika UNU Sumbar,” katanya.

PKKMB, ujar Firdaus, wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru program Strata 1 seluruh fakultas terdiri dari fakultas Teknik: Prodi Teknik Informatika, Prodi Teknik Lingkungan, Prodi Sistem Informasi.  

Fakultas Sosial dan Humaniora: Ilmu Hukum, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Bahasa Inggris, Ekonomi Islam, Fakultas Sains: Manajemen Sumberdaya Perairan, Budidaya Perairan, dan Agrobisnis, ujar Sekretaris Panitia Ari Limay Trisno Putra. 

Mahasiswa yang mengikuti rangkaian kegiatan PKKMB dengan baik akan mendapatkan sertifikat. Sedangkan bagi yang tidak lulus, harus mengulang kembali pada periode berikutnya.

Adapun pelaksanaan PKKMB UNU Sumbar dilakukan dengan beberapa materi yang disampaikan antara lain, pengenalan civitas universitas, fakultas, jurusan, fungsionaris, seputar kurikulum akademik. 

Program kampus merdeka belajara, organisasi kemahasiswaan, dan sarana prasarana. Serta di tambahkan dengan narasumber dari luar kampus yakni Prof Dr H Duski Samad, guru besar UIN Imam Bonjol Padang dengan materi pengenalan nilai budaya, tata krama, radikalisme & moderasi beragama. 

Dan narasumber kedua Letkol Arief Bastian Sanusi, Danyonmarhanlan II dengan materi bela negara dan wawasan bebangsaan. (ad)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies