Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Program Prioritas, KUA Nan Sabaris Satu-satunya di Padang Pariaman Ikut Revitalisasi

Kepala KUA Nan Sabaris Yufni Faisol Bandaharo. (ist)
Nan Sabaris, Sigi24.com--Berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI (KMA) 758/2021, revitalisasi KUA sebagai program prioritas tahun 2021-2024.

Maka lewat keputusan Dirjen Bimas Islam 320/2022 menetapkan 400 KUA di Indonesia. Keputusan tanggal 31/3/2022 itu, satu dari 400 KUA, adalah KUA Nan Sabaris, Kabupaten Padang Pariaman.

Kepala KUA Nan Sabaris Yufni Faisol Bandaharo menyebutkan, revitalisasi itu adalah penguatan moderasi beragama serta mengokohkan persaudaraan, serta transformasi layanan publik.

Strategi revitalisasi, adalah penguatan kapasitas kelembagaan, penyempurnaan standar pelayanan, transformasi digital layanan, peningkatan kualitas SDM, penguatan regulasi, dan integrasi data.

Kenapa KUA direvitalisasi? Tuntutan masyarakat dan banyaknya problem di tengah masyarakat yang tidak dituntaskan dengan baik.

Masjid lengang. Malah ada yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Begitu juga problem masyarakat yang menyangkut keagamaan. 

Di sinilah pentingnya revitalisasi. KUA harus melihat dan memberikan solusi dalam masalah tersebut.

"Ini tentunya tantangan yang lumayan berat. Namun, bila dikerjakan sesuai petunjuk serta kebersamaan akan bisa terwujud dengan baik," katanya.

KUA Nan Sabaris yang baru beberapa waktu ini pindah kantor, akan membuka peluang bagi Yufni Faisol Bandaharo dalam meraih impian revitalisasi tersebut.

Karena ini kebutuhan masyarakat, Yufni Faisol Bandaharo pun mengajak seluruh masyarakat Nan Sabaris yang menjadi wilayah kerjanya, untuk bersama-sama mewujudkan itu.

"Surau dan masjid kita ramaikan sesuai fungsinya. Ya, tempat ibadah secara berjemaah tiap waktu, pelaksanaan MDTA, serta tempat musyawarah mufakat nagari," katanya.

Jadi, katanya, KUA ikut serta dalam membina keluarga sakinah mawadah warahmah di tengah masyarakat. Begitu juga persoalan hisab rukyat hilal dalam menentukan awal dan akhir puasa.

"Pokoknya, tujuan revitalisasi itu sebagian besar terletak di tengah masyarakat, dan sebagian di administrasi layanan yang dilakukan di KUA ini," ujar dia.

Dia berharap, program prioritas ini bisa dijalankannya dengan baik. Ada sejumlah KUA di Sumbar yang ikut dan ditetapkan sebagai radar program tersebut.

Sementara, dari 17 KUA di Padang Pariaman, KUA Nan Sabaris satu-satunya yang ikut revitalisasi itu. (ad)


Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies