Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Bandaharo Bangkit dari Tidurnya, Kaum Tiga Suku Koto Marapak Koto Tinggi Akan Baralek Gadang

Yufni Faisol (kain merah) saat duduk di tempat kedudukannya usai dilewakan. (ist)
Enam Lingkung, Sigi24.com--Tuah adat itu tak lapuk kena hujan, tak lekang kena panas. Abdullah yang dulunya memegang gelar adat Bandaharo dalam kaum tiga suku; Jambak, Koto dan Panyalai di Koto Marapak Koto Tinggi harus terus berkelanjutan.

66 tahun sampai sekarang Abdullah berpulang, tentu Bandaharo tak boleh lama mengendapnya. Ahad (11/9/2022), Bandaharo dilekatkan ke Yufni Faisol.

"Kabek panguaian, kajang panaguhan", langsung diserahkan oleh kaum tiga suku lewat Datuak Sinaro ke Rangkayo Rajo Tianso, sebagai pucuak adat, sekaligus Ketua KAN Koto Tinggi, Kecamatan Enam Lingkung.

Prosesinya, Yufni Faisol yang juga Kepala KUA Kecamatan Nan Sabaris ini diarak dari rumah gadangnya di Kampung Aro ke Koto Tinggi, tempat prosesi pemasangan pakaian kebesaran Bandaharo itu.

Bersamaan dengan itu, Iqbal juga dilewakan sebagai Panungkek atau Wakil Bandaharo, keturunan dari andung Berani, M. Nur sebagai Orang Tuo keturunan dari andung Gando Baiak, Dasril sebagai Labai keturunan dari Piak Aji, Firman Wakil Labai keturunan dari andung Gando Baiak yang akan mendampingi Bandaharo dalam hidup beradat dan bernagari tentunya.

Awal perundingan, Yufni Faisol masih duduk sejajar dengan "silang nan bapangka karakok nan bajunjuang", dengan pakaian biasa.

Perundingan tak begitu panjang. Cukup sampai masak siriah di carano yang terletak di hadapan Rangkayo Rajo Tianso dan para niniak mamak, pangulu enam suku.

Tujuan maksud disampaikan Datuak Sinaro, setelah siriah masak dengan perundingan. Tentu siriah masak setelah diperiksa satu persatu oleh Rangkayo Rajo Tianso.

Isi carano dinilai lengkap, dan malah berlebih. Artinya, kekuatan untuk mengembalikan kebesaran Bandaharo sangat tinggi, oleh kaum tiga suku, terutama kaum Jambak.

Buktinya, kaum Jambak dari nagari lain, seperti Gadua, Balah Aie dan VII Koto Sungai Sariak tampak hadir membersamai kegiatan yang berlangsung di surau tersebut.

Dan juga hidangan berupa jamba yang diangkut ke surau oleh kaum bundo kanduang tak kalah banyaknya. Mungkin sama banyak dengan tamu undangan yang hadir dalam acara itu.

"Lapek barajuik" sebagai makanan khas Kampung Aro, mewarnai sepanjang hidangan dalam perundingan sebelum makan.

Datuak Sinaro pun menekankan soal kelanjutan prosesi Bandaharo ini. Apakah sampai di sini saja, atau ada kelanjutannya.

Oleh kaum Jambak laki-laki dan perempuan semuanya menjawab, ibarat membuat rumah harus sampai anjungan. Artinya, Desember nanti ada jamuan dan acara "baralek gadang" untuk peresmian Bandaharo ini.

Panjang lebar Datuak Sinaro berunding, mengetengahkan seluk beluk Bandaharo sejak awal, sampai "terapung tak hanyut" selama 56 tahun, dan kini Bandaharo itu dibuktikan, bahwa adat dan pusako itu memang tak boleh lapuk kena hujan, dan tidak pula boleh lekang kena panas.

Yufni Faisol berdiri, Rangkayo Rajo Tianso, Datuak Sinaro bersama sejumlah pangulu lainnya memasangkan membuka dan memasangkan peci Yufni Faisol dari peci nasional biasa ke peci nasional yang berlilit layaknya seorang pangulu.

Kain sarung pun dibalutkan di lehernya. Dan Yufni Faisol satu persatu menyalami para niniak mamak dan pangulu serta tamu undangan yang hadir dalam surau.

Setelah itu, oleh kapalo mudo gadang, Yufni Faisol dibimbing menuju tempat kedudukan yang baru, yakni di tempat barisan depan bersebelahan dengan Rangkayo Rajo Tianso dan pangulu enam suku Koto Marapak Koto Tinggi.

Usai acara, Rangkayo Rajo Tianso memuji kegigihan panitia yang diketuai Hendrizal Palo. "Hampir tiap hari Palo ini datang ke rumah, menanyakan segala sesuatu yang berhubungan dengan kesuksesan acara ini," kata dia.

Alhamdulillah, kata Hendrizal Palo, kini kedudukan Bandaharo yang di depan itu telah kembali, setelah sekian panjang tersimpannya. (ad) 

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies