Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Bantuan Benih Ikan, Unggulan Pembinaan Kewirausahaan Daerah Oleh: Dr. Irwandi Sulin Datuak Gadang

Pertumbuhan ekonomi daerah akan sangat didorong oleh kemauan masyarakat untuk bekerj, menggunakan waktu secara maksimal dalan mengembangkan diri  untuk berbuat dan bekerja dalam kegiatan sehari-hari.

Kelompok masyarakat ini akan sangat terdukung apabila ada sumber dana dan sumber daya penggerak awal kegiatan.

Masjid, salah satu lembaga masyarakat yang mempunyai peluang mengembangkan usaha sampingan. Adalah garin masjid/mushalla, terutama yang berada di desa/nagari, dengan konsep menggunakan waktu luang antara jeda waktu sholat. Peran ini sekaligus dapat memberikan pemasukan tambahan untuk musholla atau masjid.

Berbicara mengenai pertumbuhan ekonomi anak nagari dimaksud, di Padang Pariaman akan dapat dicapai melalui program pembinaan dan tebar benih anak ikan oleh Balai Bibit Ikan Lubuk Alung. 

Dalam satu diskusi singkat ketika Kepala Balai Bibit Ikan Padang Pariaman mengunjungi kolam ikan milik Musholla Al Anwar, yang kebetulan pernah berkunjung ke BBI Kasiak Putiah, dalam upaya memberdayakan lahan kolam yang selama ini tidak terawat. 

Dalam diskusi pasca peninjauan kelayakan kolam dimaksud, Kepala Benih Ikan Riri Irawan bersama Kasubag TU BBI, Fasrizal,  Kamis 24 Juni lalu telah mengedukasi kelompok binaan Al Anwar untuk turut dalam pengembangan tani ikan buat musholla Al Anwar.

Menurut Riri, ikan yang dibantu jenis nila dan ikan mas, yang merupakan hasil pembenihan ikan dari BBI Padang Pariaman, pola bantuan bibit kakan  ini merupakan salah satu bentuk program unggulan Bupati Padang Pariaman dalam  pemanfaatan lahan terlantar guna menumbuhkan dinamika ekonomi masyarakat, dan masyarakat sehat dengan mengkonsumsi ikan.

Jika dilihat progran ini sangat mendorong anak muda berusaha melalui pemberdayaan masyarakat, sebagai upaya meningkatkan penggunaan waktu luang sambil menghasilkan sumber dana buat kehidupkan, secara sosial dapat dikatakan menghindari pengangguran menjadi pemula di bidang usaha tani. Karena perikanan dapat berkembang dengan menggunakan sisa produk lain dan tanaman liar (calladium) sebagai potensi makanan.

Menurut Ka BBI, jika hal ini dapat dipahami oleh anak muda maka akan memberi peluang berusaha, apalagi saat ini mulai berkembang pola pemeliharaan ikan dengan pola kolam terpal dengan pola bioflog, satu metode sederhana dalam pengembangan perikanan darat.

Saran kami kepada Dinas Perikanan Padang Pariaman, pola tebar benih ini dapat dikawal dengan baik, terutama dengan pola pembinaan dan pelatihan serta pengawasan yang baik sehingga masyarakat merasa ada tanggung jawab sosial terhadap diri dan keseriusan dalam berusaha.

Dimasa depan, sangat diharapkan pemerintah juga berkenan membantu dengan bantuan pakan awal kepada penerima bantuan sehingga mengurangi tingkat stres ikan pada perubahan habitat yang mendadak.

Nilai akhir usaha selalu berbicara pasar atau pemasaran, dengan peran pembinaan hulu ke hilir dari bantuan program unggulan perikanan ini yang nyata, merupakan satu terobosan yang menjanjikan untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat, akan lebih terbantu dengan pemerintah daerah menyediakan pasar penampung buat petani pemula ini, sehingga mampu membentuk diri menjadi petani swadaya. (***)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies