Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Pesantren Lansia di Darul Ulum Padang Magek, Kelas Bagi Masyarakat yang Ingin Mendalami Ilmu Keseharian

Tanah Datar, Sigi24.com--Ada kelas khusus di Pondok Pesantren Darul Ulum, yang muridnya rata-rata berumur di atas 50 tahun. Jumlah mereka sekitar 40 orang. Sebagian besar perempuan yang sudah jadi nenek-nenek. Sedikit laki-lakinya, itu pun sudah kakek-kakek.

Ada yang datang dari Batusangkar, seperti M. Yunus dan keluarga. Tapi umumnya dari Nagari Padang Magek, yang dominan asal Jorong Pauh, di antaranya Suafri May dan keluarga.
Semangat mereka menuntut ilmu agama sangat luar biasa. Setiap petang Rabu setelah Shalat Isya, semua duduk melingkar bersama guru mereka, H. Jakfar Tuanku Imam Mudo, hingga pukul 23:00.
Kelas yang dinamakan santri lansia ini, datang sekali sepekan belajar memperbaiki ibadah dan menambah doa amalan sehari-hari.
"Mereka datang ingin mengaji, tentang ilmu beribadah. Beribadah itu ada ilmunya. Itulah yang dipelajari. Bagaimana supaya ibadah sehari-hari bisa dilakukan dengan sempurna," kata Tuanku Jakfar Imam Mudo, Rabu malam, (23/1), di Komplek Ponpes Darul Ulum, Padang Magek.
M. Yunus dari Batusangkar telah setia tiba ke Darul Ulum, sejak dua tahun lebih. Biasanya tiba mengikuti wirid zikir.
Kini sejak Pesantren Lansia dibuka di Darul Ulum, sekitar beberapa bulan lalu, Yunus langsung bergabung. Dia dan istrinya tampak senang. Begitu juga santri Lansia lainnya. Terlihat mereka ceria mengikuti.
Untuk mendaftar menjadi santri Lansia, ini tidak sulit. Boleh datang saja dan bergabung setiap petang Rabu dengan kelas yang sudah ada. Terutama bagi perorangan.
Bila ada yang ingin membuat kelas baru, berkelompok, bisa diatur hari belajarnya, dengan Tuanku Jakfar. Asalkan jadwalnya setelah Shalat Isya. (*)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies