Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Wabup Rahmang Resmikan Penggunaan Balairung Adat Nagari Tandikek

Tandikek,Sigi24.com--Balairung adalah sebuah balai desa bagi orang Minangkabau. Di Sumatera Barat, bangunan ini memiliki arsitektur yang sama dengan bentuk rumah gadang, arsitektur khas dari masyarakat Minangkabau. Jika rumah gadang merupakan bangunan yang utuh, balairung adalah bangunan dengan struktur seperti pendopo yang digunakan untuk mengadakan musyawarah mufakat dalam masyarakat Minang.

Nagari Tandikek yang mewakili Kabupaten Padang Pariaman dalam penilaian Kerapatan Adat Nagari (KAN) terbaik tingkat Provinsi Sumatera Barat berupaya untuk melestarikan musyawarah mufakat dalam masyarakat Minang dengan mendirikan balairung adat niniak mamak nagari.

Penggunaan balairung adat niniak mamak Nagari Tandikek dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang, di Pasar Tandikek, Kamis (21/10).

Rahmang memberikan apresiasi kepada Nagari Tandikek yang terus berupaya melestarikan adat dan budaya masyarakat Minang yang mengedepankan musyawarah untuk mufakat, dengan mendirikan balairung adat niniak mamak nagari.

"Saya mengapresiasi Nagari Tandikek yang terus berupaya melestarikan adat dan budaya masyarakat Minang yang mengedepankan musyawarah untuk mufakat, dengan mendirikan balairung adat niniak mamak nagari. Mudah-mudahan ini akan terus dijaga oleh generasi penerus nantinya," ujar Rahmang.

Wabup Rahmang menyampaikan, bahwa penyambutan tamu dengan tari galombang diiringi dengan gandang rasa adalah sangat penting. "Dengan ini berarti kita telah melestarikan adat, seni dan budaya. Mari kita junjung tinggi nilai adat dan budaya sekaligus melestarikan adat dan budaya yang punya filisopi adat basandi syarak, syarak basandi kitabulah," jelasnya.

Rahmang menjelaskan, karena lembaga KAN Nagari Tandikek sudah dinilai oleh tim Provinsi Sumatera Barat, sedang menunggu hasil penilaian dari tim provinsi. "Oleh karena itu tentu kita doakan agar lembaga KAN ini berhasil keluar sebagai pemenang untuk tingkat provinsi, karena untuk Kabupaten Padang Pariaman lembaga KAN Tandikek yang mendapat juara 1," pungkasnya. (ad)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies