Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Terhipnotis Pesona Pantai Arga Permai Gasan Gadang

Gasan Gadang, Sigi24.com--Hamparan pantai yang indah dikelilingi jajaran pohon aru di sepanjang pantai Korong Mandahiliang, Nagari Gasan Gadang, Kecamatan Batang Gasan, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat mampu menghipnotis para pengunjungnya.

Keuntungan secara geografi ini dimanfaatkan secara baik oleh masyarakat. Dibentuknya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Arga Permai pada pertengahan tahun 2017 menambah apik pesona pantai. Adapun susunan pengurus Pokdarwis Pantai Arga Permai terdiri dari Ketua - Epo Yuliadi, Sekretaris – Ilman Suhendra dan Bendahara – Suratmi.

Kepengurusan Pokdarwis Pantai Arga Permai telah di – SK-kan oleh Nurmantyas selaku Walinagari saat itu. Pada hari Minggu (31/10) beliau kembali mencalonkan diri sebagai Walinagari periode 2021 – 2027 dalam Pemilihan Wali Nagari - PILWANA  Serentak sebanyak 29 nagari se-Kabupaten Padang Pariaman.

Surya Mandai sebagai pembina Pokdarwis menjelaskan, bahwa lokasi wisata di sini berasal dari ‘Pasie Maelo’ yang dikuasai oleh Pemerintah Nagari dan niniak mamak.

Sejak 2017, sudah ada fasilitas Spot Foto, dermaga mini, MCK umum, tempat ibadah dan tempat kuliner ‘Lauak Sambam’ sebagai ciri khas kuliner disini. Namun, dikarenakan panjangnya pantai sekitar 1 kilometer, masih dibutuhkan beberapa titik untuk fasilitas umum.

“Kami sangat mengharapkan perhatian dan uluran tangan Pemda sampai ke pemerintah pusat untuk menambah fasilitas umum seperti pengadaan jembatan penghubung yang terletak di muara Sungai Batang Gasan, pengadaan batu pemecah ombak (Batu Grip/ Groin), pengadaan tempat ibadah dan lain-lain. Kemampuan keuangan Pemerintahan Nagari kami sangat terbatas,” tutur Surya Mandai.

Beliau menambahkan bahwa di sekitar pantai seringkali dipakai pengunjung untuk surfing juga Sungai Batang Gasan pernah dipakai untuk lomba dayung sampan (perahu – red).

Pada hari Sabtu (30/10), Pokdarwis Pantai Arga Permai dikunjungi oleh Hardimus (biasa disapa Edi) selaku pengurus Forum Pokdarwis Kabupaten Padang Pariaman dalam rangka mengumpulkan data sekaligus meninjau langsung kegiatan yang ada di sini.

“Diharapkan untuk ke depannya terjadi sinergitas dan kolaborasi antar sesama pengurus Pokdarwis di Kabupaten Padang Pariaman dengan pemerintah baik tingkat nagari sampai pusat, beserta seluruh stakeholder yang terkait dengan kepariwisataan,” pungkas Edi. (aa)


Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies