Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

UP2K, Menciptakan Ketahanan Ekonomi Keluarga

Padang Pariaman, Sigi24.com--Launching Toko Promosi UP2K PKK Padang Pariaman, Rabu (1/9) di Korong Padang Bukik, Nagari Lubuk Pandan, Kecamatan 2x11 Enam Lingkung. 

Ketua Tim Penggerak PKK Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur mengucapan selamat datang kepada undangan yang telah berkenan hadir dalam acara ini, dan ucapan terimakasih atas dukungan berdirinya toko UP2K. 

"Harapannya, toko ini bisa menjadi obat untuk pelaku usaha agar dapat bangkit. Terus mendorong tumbuhnya pelaku usaha di sekitar kita, baik itu berupa makanan dan kerajinan, tentu saja inovasi-inovasi sangat dibutuhkan supaya produk tersebut terus eksis baik di Ranah Minang maupun di rantau," katanya. 

Menurutnya, promosi yang gencar sangat diharapkan. Oleh karena itu, bapak ibu dapat mempercayakan oleh-oleh untuk tamu, baik tamu dinas maupin tamu rantau. 

Ketua Dewan Pakar Persatuan Anggota Kampung Aliansi Rantau Piaman H. Mahyudin mengajak untuk bersama membangun nagari, baik yang tinggal di ranah maupun di rantau. Bangkit bersama untuk meningkatkan ekonomi kreatif. 

Katanya, untuk meningkatkan produk harus ada pelatihan dan modul kerja. Siap memasarkan produk yang dihasilkan oleh nagari Padang Pariaman di rantau. 

Ketua DPD Arsita Sumbar Armawi melihat, kegiatan ini adalah melanjutkan cita-cita tokoh terdahulu, yaitu adanya rest area bus pariwisata di Kabupaten Padang Pariaman. Harapannya, bisa memenuhi kebutuhan tamu wisatawan. 

Dia mengajak dan menghimbau kepada Dinas Pariwisata untuk dapat menjadikan tempat ini sebagai tourism office information center, memudahkan untuk mendapatkan brosur destinasi wisata Padang Pariaman. 

"Dalam situasi krisis ekonomi, kesehatan, kepercayaan dalam menghadapi pandemi, Bupati Padang Pariaman berhasil menjembatani ranah dan rantau untuk memulihkan perekonomian," katanya. 

Ketua DPD HPI Sumbar Budiman menyebutkan, tingkatkan SDM, mindest, dan cara berbahasa agar dapat memberikan informasi dan berkomunikasi dengan cara yang ramah. Perlu diadakan pelatihan yang rutin untuk tour guide. Karena wajah pariwisata Sumatera Barat tercermin pada tour guide-nya. 

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menyebutkan, usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) PKK di tingkat rumah tangga menjadi pilihan dan langkah awal yang sangat penting dalam mengembangkan pemberdayaan ekonomi keluarga.

"Dengan sendirinya akan menambah pendapatan keluarga. Secara tidak langsung akan menciptakan ketahanan ekonomi keluarga dan dengan sendirinya akan mendorong ketahanan ekonomi masyarakat. Kemudian akan muncul pertumbuhan ekonomi di suatu daerah," ungkapnya. 

Dia menilai, keberadaan UP2K harus diberdaryakan dan diperkuat, baik secara kelembagaan, bisnis plan, bisnis orientasi berkelanjutan. 

Diharapkan kepada stake holder terkait, katanya, mulai dai tingkat nagari, kecamatan, kabupaten, provinsi, dan pusat, segenap mitra pemerintah daerah untuk dapat meningkatkan sinergitas dalam memperdayakan keberadaan toko promosi ini.

"Wadah toko promosi ini benar-benar dapat bermanfaat bagi usaha peningkatan pendapatan masyarakat di Kabupaten Padang Pariaman," ujar dia. (ad)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies