Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Empat Calon Walinagari Sintuak Kantongi Nomor Urut

Sintuak, Sigi24.com--Nagari Sintuak, Kecamatan Sintuak Toboh Gadang satu dari 29 nagari di Padang Pariaman yang ikut Pemilihan Walinagari (Pilwana) serentak tahun ini. Empat calon walinagari sudah ditetapkan, dan Selasa (31/8) kemarin dilakukan pengundian nomor urut calon tersebut oleh panitia Pilwana di nagari setempat.

Eddy Rinaldi Datuak Rangkayo Basa berhasil mendapatkan nomor urut satu. Sesuai aturan, sebelum mencalon dia telah melepaskan semua jabatan yang melekat di dirinya. Mulai dari aktifnya di partai dan sebagai Ketua KAN Sintuak tentunya juga dilepaskan, karena seorang calon walinagari tak boleh sedang menjabat.

Nomor urut dua disabet Anasril, calon incumbent tentunya, karena sudah dua periode Anasril menjabat sebagai Walinagari Sintuak. Dan kali ini, dia juga maju dan ikut bersaing dengan tiga calon lainnya. Sedangkan nomor urut tiga di dapatkan oleh Johan Nofahlawan, seorang anak muda yang ikut bersaing kali ini merebut dukungan masyarakat Sintuak.

Sedangkan nomor urut empat berhasil diambil Desrial. Anak muda sekaligus Walikorong Palembayan yang telah melakukan cuti dalam bertugas, sesuai aturan main yang diberlakukan panitia, terkait seorang perangkat nagari yang maju menjadi calon walinagari.

Radelka Adkhi, salah seorang panitia Pilwana Sintuak menyebutkan, proses tahapan hajatan enam tahun sekali ini berjalan sesuai keinginan bersama, dan alhamdulillah telah sampai pada tahapan pengundian nomor urut calon. "Ada sekitar 6.000 an jumlah pemilih nantinya di nagari, tersebar di sembilan korong yang ada di Sintuak," kata dia.

Menurut dia, Pilwana tentunya jadi ajang proses politik lokal yang telah dilakukan berkali-kali di nagari ini, sesuai habis masa jabatan walinagari yang sedang menjabat. "Kita berharap, Pilawa yang akan dilakukan 31 Oktober nanti berjalan dengan baik dan lancar, dan membuahkan hasil yang sesuai dengan pilihan masyarakat itu," ungkapnya.

Sebagai panitia pelaksana, Radel mengajak seluruh masyarakat Sintuak yang berada di sembilan korong, masing-masing Korong Simpang Ampek, Tembok, Palembayan, Simpang Tigo, Tanjung Pisang, Balai Usang, Toboh Baru, Batang Tapakih, dan Korong Gati untuk menyukseskan alek nagari sekali semusim tersebut. (ad)


Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies