Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Poltek KP Pariaman Serahkan Bantuan Kepada Kelompok Nelayan dan Kelompok Pembudidaya Ikan di Nagari Guguak Kuranji Hilir

Sungai Limau, Sigi24.com--Tridharma Perguruan Tinggi adalah kewajiban Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9), maka Politeknik Kelautan dan Perikanan Pariaman – Poltek KP Pariaman sebagai Perguruan Tinggi yang bergerak di bidang vokasi/ keterampilan / keahlian mewujudkan salah satu dharmanya untuk pengabdian kepada masyarakat yang ada di Nagari Guguak Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat.

Acara pengabdian kepada masyarakat oleh Poltek KP Pariaman berupa serah terima bantuan kepada kelompok nelayan dan kelompok pembudidaya ikan ini di selenggarakan di aula Kantor Walinagari Guguak Kuranji Hilir, Kamis, (26/08/2021) dimulai sejak pukul 10.00 – 11.15 WIB.

Program Studi – Prodi  yang terlibat dalam agenda tersebut adalah Prodi Perikanan Tangkap (PTK), Prodi Permesinan Kapal (PMK) dan Prodi Usaha Budidaya Ikan (UBDI).

Bantuan berupa 9 paket lengkap peralatan tangkap ikan kepada 9 orang nelayan tergabung dalam Kelompok Nelayan “Mutiara Laut” diketuai oleh Irfianto di Korong Siguruang Kampuang Paneh dan 2 paket lengkap kepada 2 Kelompok Pembudidaya Ikan di Korong Kampung Pisang dan Korong Sarang Alang yang diketuai oleh Asrizon.

Hadir dalam acara ini di antaranya Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Padang Pariaman (mewakili) – Handri Yarsil, Camat Sungai Limau (mewakili) – Rabiati, Walinagari Guguak Kuranji Hilir – M. Sahur berikut staf, Koordinator Penyuluh Perikanan – Syafruddin,  PPL Perikanan – Muslim, 6 orang Walikorong, niniak mamak Labai Urman, Bundo Kanduang, tokoh masyarakat, pemuda/i serta masyarakat.

Sedangkan dari pihak Poltek KP Pariaman dihadiri oleh: Harisjon, – Penanggungjawab Program Desa Inovasi, Nazran, - Ketua LPPM, dan Armidianto, – Kapusat Bina Taruna., Defra Monica – Ketua Tim Penelitian, Ulfauza – Kepala Humas/ Publikasi dan Informasi dan Syofriani serta mahasiswa Poltek KP Pariaman.

Walinagari M. Sahur dalam sambutannya menyampaikan bahwa, atas nama warga masyarakat Nagari Guguak Kuranji Hilir pihaknya senang dan bahagia menerima bantuan yang diserahkan oleh Poltek KP Pariaman dan dengan ini, dia mengucapkan terima kasih. "Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan oleh warga yang menerima dengan baik,” katanya.

Sementara itu, Harisjon mengungkapkan kepada peserta yang hadir bahwa terpilihnya Nagari Guguak Kuranji Hilir sebagai Desa Inovasi sudah melalui proses yang sesuai dengan prosedur. Mulai dari tahap seleksi pada bulan Januari 2021 kemudian penetapan desa/ nagari yang terpilih pada tanggal 5 Maret 2021.

“Selanjutnya dilakukan penelitian pada bulan Mei – Juli 2021 serta sekarang merupakan program pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan bantuan kepada Kelompok Nelayan serta Kelompok Pembudidaya Ikan agar kelak diharapkan dapat mandiri serta menularkan ilmunya kepada warga masyarakat yang belum mendapatkan bantuan serupa,” pungkas Harisjon.

Tak lupa pula acara ini diselenggarakan dengan prokes yang ketat dengan mencuci tangan dan memakai masker. (aa)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies