Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Warga Enggan di Vaksin, Padang Pariaman Tiga Kali Berada di Zona Merah

 


Sigi24.com - Ditengah melonjaknya kasus positif Covid-19 di Padang Pariaman, daerah itu mendapat pengakuan dari Satgas Covid-19 Sumbar dan sudah tiga kali berada pada zona merah. Pemerintah di daerah itu terus mengenjot upaya vaksinasi agar bisa segera mencapai kekebalan komunal, dengan menargetkan vaksinasi terealisasi sebanyak 60.523 sasaran.

Vaksinasi massal di berbagai tempat dilakukan untuk mencapai target tersebut. Bahkan, pemerintah di daerah itu memperluas cakupan vaksinasi untuk anak-anak berusia 12 tahun hingga 17 tahun yang telah dilakukan, Sabtu (10/7) di Puskesmas Sungai Limau, Kecamatan Sungai Limau. Selain vaksinasi di puskesmas-puskesmas relatif mudah dijangkau, vaksinasi juga dilakukan untuk wilayah pelosok terpencil.

Upaya pemerintah untuk memberikan vaksinasi kepada masyarakat sudah dilakukan. Namun, masyarakat di daerah itu masih banyak yang tidak mau di vaksin dengan alasan akan dihadapkan dengan permasalahan baru pada dirinya.

Sebut saja, Effrina (52) salah satu kader PKK Korong Sungai Limau, Kuranji Hilia, Kecamatan Sungai Limau menyebutkan dirinya banyak menemukan masyarakat Lansia atau pra-lansia yang tidak mau di vaksin, khawatir terhadap kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) vaksin Astra Zeneca.

“Warga yang tidak mau di vaksin, tidak pernah mendapat edukasi yang mendidik dari pemerintah setempat, dan khawatir warga yang memiliki komorbiditas atau penyakit penyerta, hal ini perlunya memberikan edukasi yang baik kepada warga,” kata Effrina.

Selain itu, sistim informasi dan data untuk program vaksinasi belum sempurna, dan bahkan kegamangan warga selama ini yaitu beredarnya informasi (hoaks) di tengah tengah masyarakat setelah di vaksin akan dihadapkan dengan penyakit yang baru.

“Kendala akses menuju lokasi vaksinasi (bagi lansia) ini menjadi tantangan bagi lansia yang akan mau divaksin," tutup Efferina.


Upaya vaksinasi agar bisa segera mencapai kekebalan komunal di daerah itu, terpantau forkopimda Kecamatan Sungai limau melakukan vaksinasi di Puskesmas Sungai Limau bersama Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang, Ketua DPRD Arwinsyah, Kepala Dinas Kesehatan Yutiardy Rifai, serta Ketua GOW Yusnelly Erza Rahmang ikut memantau pelaksanaan vaksin di daerah itu.

“Alhamdulillah vaksin ini saya nyatakan halal dan aman, usai dilakukan vaksinasi saya mempunyai semangat baru dengan catatan tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata Wakil Bupati Rahmang, Sabtu (10/7) di Sungai Limau.

Menurutnya, bahwa vaksin tersebut tidak membahayakan, terbukti setelah divaksin tidak ada efek sama sekali dan tentunya dengan divaksin Insya Allah dirinya merasa lebih terlindungi.

“Vaksin sudah melalui uji BPOM dan MUI dijamin keamanan dan kehalalannya, ini merupakan suatu bentuk kehadiran negara untuk masyarakat supaya bisa menghakiri Pandemi pandemi covid-19,” tutupnya.

Ketua DPRD setempat Arwinsyah menambahkan pihaknya menghimbau kepada masyarakat jangan menelan isu hoaxs dengan adanya vaksin membahayakan apalagi vaksin ini sudah ada pernyataan resmi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) bahwa vaksin tersebut halal.

“Hari ini saya, pak wakil bupati, Forkopimda, semua sudah divaksin. Semua baik-baik saja, tidak ada masalah. Untuk itu, mari kita dukung bersama upaya pemerintah dalam mengatasi wabah ini. Tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan, dan ayo ikut vaksin. Semoga wabah ini segera berakhir,” tutup Arwinsyah.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Padang Pariaman Yutriardi mengatakan, pihaknya akan terus meningkatkan pelaksanaan vaksinasi ini untuk mencapai sasaran. Selain itu, di setiap puskesmas yang ada di daerah ini juga terus upayakan maksimal dengan bantuan personel TNI dan Polri.

Ia berharap masing-masing puskesmas bisa berinovasi agar vaksinasi ini maksimal " silakan bangun komunikasi dengan Tokoh Masyarakat maupun Wali nagari agar target vaksinasi ini tercapai,” tutupnya. (Suger)


Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies