Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

TPAKD Diharapkan Mampu Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Terkait Keuangan

Parik Malintang, Sigi24.com--Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dan Penjabat Sekretaris Daerah Ali Amran menghadiri pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) kabupaten/kota dan launching kredit atau pembiayaan melawan rentenir TPAKD Provinsi Sumatra Barat secara virtual, Senin (26/7) di Command Center Padang Pariaman.

Direktur Utama Bank Pembangunan Daerah Muhammad Irsyad menyebutkan, dengan adanya program TPAKD melawan rentenir dengan nama inovasi mengatasi rentenir daerah minang (marandang), ini dianggap sebagai solusi yang jitu untuk mendorong masyarakat agar terus melakukan usaha mikro di tengah perekonomian yang sulit pada masa pandemi ini.

"Program ini juga sebagai alternatif hingga lahirnya peraturan gubernur. Ini dinilai akan mampu menyediakan proses kredit yang mudah. Hanya dengan jangka waktu 2-3 hari, pinjaman dapat dicairkan dengan syarat harus bersinergi dengan seluruh stakeholder," tambahnya.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumatera Barat Yusri dalam sambutannya berharap, semoga kegiatan ini mampu mendorong perekonomian menjadi lebih baik lagi, terlebih pada masa pandemi dengan kreativitas untuk mendongkrak perekonomian kembali.

"Berdasarkan survei OJK pada tahun 2019, tercatat 38,03 persen masyarakat yang memahami tingkat inklusi sehimgga masih diperlukan peningkatan akses keuangan masyarakat. Keunggulan yang dimiliki oleh masing-masing daerah akan menunjang progtam TPAKD dengan bersinergi seluruh pihak.

TPAKD ini dikukuhkan langsung oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi. Gubernur Mahyeldi mengatakan, keberadaan TPAKD sangat strategis bagi kabupaten/kota. Dengan adanya TPAKD akan mengedukasi masyarakat dan sekaligus untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang keuangan.

"Keuangan masyarakat daerah Sumatera Barat rata-rata masih di bawah nasional ini menjadi tugas bagi kita semua melalui TPAKD ini, yang akan meningkatkan literasi dan wawasan pengetahuan masyarakat terkait keuangan di daerah masing-masing," ungkapnya.

Ia juga menambahkan, selain meningkatkan literasi dan wawasan masyarakat tentang keuanga, TPAKD juga memberikan peluang bantuan dari perbankan dalam rangka menigkatkan kesejahteraan masayatakat pendapatan petani dan bantuan modal. Dengan meningkatknya wawasan tentang keuangan dapat memudahkan masyarakat untuk memperoleh modal dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (ad)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies