Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Sejuta Bibit Kelapa Dalam dan Pinang Wangi Diluncurkan Gubernur Sumbar di Sikucua Utara

Sejuta bibit kelapa dalam dan pinang wangi diluncurkan

Padang Pariaman--Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi bersama Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menghadiri acar pencanangan program sejuta bibit kelapa dan bibit pinang wangi di Korong Pamatang Tinggi, Nagari Sikucua Utara, Kecamatan V Koto Kampuang Dalam Jumat (16/7/2021).

Acara tersebut juga di hadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Padang Pariaman Risdianto, Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga Sumatera Barat Bustavidia, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Padang Pariaman Yurisman, Kepala Dinas Kominfo Zahirman, Kepala Disparpora Jon Kenedi, Kadis Perikanan Zainil, Camat V Koto Kampuang Dalam Vemi, Pj Walinagari Sikucua Bur Afrin, Bamus Sikucua Utara serta pemuka masyarakat Korong Pamatang Tinggi. 

Gubernur Mahyeldy menyampaikan, bahwa pencanangan bibit kelapa dalam dan bibit pinang wangi ini, adalah untuk menjadi progran unggulan. Dan untuk kelapa dalam ini sngat menjadi andalan. "Insya Allah, nantinya kita akan melakukan program penanaman budidaya kelapa dalam," katanya. 

"Kita akan bersinergi dengan kepala daerah kota dan kabupaten, dan nagari-nagari yang ada. Prosfek untuk kedepannya sangatlah bagus untuk pembudidayaan kelapa dalam ini," katanya. Nantinya, pihaknya juga akan adakan gerakan menanam sejuta kelapa di Sumatera Barat. Sedangkan untuk kesediaan bibit, gubernur sudah menyampaikan dan mengintruksikan kepada pihak penangkaran di sini untuk menyediakan bibit mulai dari sekarang. 

"Jadi pas nantinya akan peluncuran, kita sudah siap dengan bibitnya. Karena ini akan menjadi prioritas kita Pemerintah Provinsi Sumatera Barat," ulas dia. 

Ia juga mengatakan, untuk saat ini pihaknya akan terus melihat dan memantau potensi-potensi yang ada di daerah-daerah, yang mau mengembangkan kedepannya, dan mau di angkat ke ranah nasional. Contohnya budidaya kelapa dalam untuk tahun ini. "Semua ini harus menjadi perhatian kita di daerah maupun provinsi. Apa lagi kita di provinsi sangat konten dengan pertanian. Anggaran APBD kita 10 persen direlokasikan untuk pertanian dalam arti yang luas, termasuk untuk kelapa dalam dan pinang wangi, yang insya Allah untuk budidaya pinang wangi akan kita prioritaskan tahun 2022," ungkapnya.

Sebelumnya, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur juga menyampaikan, kelapa merupakan tanaman terluas, memiliki kualitas terbaik dibandingkan dengan daerah lainnya. Dengan ditandainya masih mendominasi di pasar-pasar baik daerah maupun luar daerah. Karena itu pengadaan bibit kelapa akan menjadi salah satu program strategis daerah. 

"Kalau bibitnya nanti sudah di luncurkan, kita akan mencoba untuk membantu masyarakat untuk mendapatkanya dan menanamnya," kata dia.

Begitu juga dengan budidaya pinang wangi. Yang tumbuhnya sangat baik di daerah ini. Yang sekarang nilainya memiliki prosfek yang besar. Untuk dikembangkan. Ini akan menjadi andalan juga di Kabupaten Padang Pariaman. (ad)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies