Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Pemilihan Duta Budaya Padang Pariaman, Kuatkan Peran Rang Mudo dan Puti Bungsu

Suhatman, Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Padang Pariaman

Parik Malintang--Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman yang diprakarsai oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kembali melakukan seleksi pemilihan Duta Budaya tahun 2021. 

Suhatman, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Pariaman saat di temui di kantornya, Rabu, 7 Juli 2021 di Kawasan IKK Parik Malintang menyebutkan, bahwa kegiatan ini merupakan sebuah ajang pencarian sepasang duta (laki-laki dan perempuan).

"Tiap tahun selalu diadakan seleksi sepasang duta. Dimana untuk laki-laki disebut dengan Rang Mudo (Orang Muda) dan untuk perempuan disebut Puti Bungsu (Putri Bungsu)," kata Suhatman yang juga kandidat doktor ini.

Lebih lanjut dia menjelaskan, kegiatan Duta Budaya ini bertujuan untuk membangkitkan kecintaan generasi muda terhadap adat dan budaya Minangkabau. Dia berharap, generasi muda Padang Pariaman ikut menyukseskan dan berpartisipasi dalam kegiatan ini sebagai peserta. Peserta yang terbaik diharapkan menjadi wakil Kabupaten Padang Pariaman dalam mensosialisasikan budaya mereka sendiri di tingkat provinsi atau mungkin juga di tingkat nasional.

"Duta Budaya yang terpilih (Rang Mudo dan Puti Bungsu) nantinya akan mewakili Padang Pariaman berlaga di tingkat Provinsi Sumatera Barat," sebutnya.

Kemudian Suhatman melanjutkan, selama satu tahun kedepan Duta Budaya yang terpilih bertugas untuk memperkenalkan budaya Minangkabau kepada seluruh masyarakat Padang Pariaman, terutama di kalangan generasi muda. "Kita selalu libatkan mereka nantinya dalam kegiatan-kegiatan kebudayaan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan," ungkapnya.

Adapun pendaftaran seleksi pemilihan Duta Budaya sudah dijadwalkan mulai 24 Juni - 20 Juli 2021. Kemudian babak penyisihan dilaksanakan 24 Juli 2021, yang lolos akan diberi pembekalan selama dua hari, 26 dan 27 Juli 2021. Penentuan pemenang dan dijadikan sebagai Duta Budaya dalam Grand Final  29 Juli 2021.

Bagi generasi muda Padang Pariaman yang akan mendaftar perlu mengetahui dan memenuhi syarat dibawah ini. Wajib hukumnya bagi peserta: Memiliki kepribadian yang baik, memahami adat istiadat Minangkabau (materi ini akan diperkuat ketika sudah masuk ke tahap ke-2 (pembekalan), memiliki keterampilan di bidang kebudayaan (seperti silek, tarian, sambah-sambahan, berpantun, main alat musik tradisional Minangkabau), dan mengetahui sisilah kaumnya. (ad)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies