Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

MUI Disarankan sebagai Penyejuk Ditengah Konflik Umat Beragama

KH Akhmad Khambali

Medan--Ketua Umum Gerakan Mitra Santri Nusantara (Gema Santri Nusa) KH. Akhmad Khambali mengimbau masyarakat dan para asatidz agar jangan mudah terpancing dalam konflik yang membawa-bawa nama umat dan agama. Alasannya, menilai akar permasalahan konflik yang membawa-bawa nama umat dan agama yang sering kali terjadi bukan karena agama.

Pernyataan ini ia lontarkan, menyusul seringnya terjadi persoalan-persoalan rumah ibadah dan wakaf rumah ibadah yang selalu membawa-bawa label demi umat. 

"Agama dan umat hanya dipakai untuk bertikai, dan yang memakainya ada kepentingan di luar umat dan agama," kata Khambali saat ditemui di Kantor Gema Santri Nusa, Selasa (6/7/2021).

Khambali berpendapat, pertikaian yang membawa-bawa nama umat dan agama hendaknya segera diusut, apakah benar memang konflik umat dan agama atau konflik kepentingan lain. "Tak jarang konflik itu sebenarnya adalah konflik ideologi antara segelintir pihak tertentu," katanya.

Menurutnya, Indonesia perlu National Security Act untuk menangkap kejahatan yang berbasis ideologi sejak dini. Jangan kalau sudah jadi teroris baru ditangkap.

Untuk Itu, Khambali meminta peran sentral MUI, Khususnya di Sumatera Utara sebagai penyejuk kedamaian, keharmonisan, keteduhan dan tempat bersandar serta sebagai tempat mauidhohtil hasanah. "Jangan sampai MUI lebih bermuatan politis dan pragmatis," ulas dia.

Khambali berharap, jangan sampai para ustadz mudah disusupi oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab, dan berita-berita hoax.

"Sebab, yang namanya berita hoax itu dibuat oleh orang pintar tapi jahat, dan disebarluaskan oleh orang baik tapi bodoh. Maka dari itu, perlu unsur kehati-hatian dan perlu tabayyun ke pihak-pihak yang memahami substansi persoalan.

Khambali menyebutkan, dalam sebuah hadist dibunyikan,  kejahatan yang terorganisir dengan baik, akan mengalahkan kebaikan yang tidak terorganisir. (ad)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies