Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

PARODI : Covid-19, Sengsara Membawa Nikmat

 


PARODI


Covid-19, Sengsara Membawa Nikmat

 

Pelaksanaan Gebyar Serentak Vaksinasi Covid-19, Senin pagi itu dilaksanakan di beberapa Puskesmas yang ada di di Padang Pariaman. Tak tanggung tanggung petugas publik vaksinasi di daerah itu menyuarakan kegiatan ini dengan mengunakan mobil ambulance mengajak masyarakat untuk di vaksin.

Tenda-tenda terpal yang terpasang di halaman puskesmas bertulisan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 tersusun berdiri kokoh menambah semaraknya pelaksanaan gebyar serentak vaksin covid-19 di daerah itu.

Puluhan kursi lipat investaris Kecamatan dan Puskesmas setempat telah pula ditata rapi di bawah tenda. Sementara panitia sibuk menyiapkan sound system untuk acara yang akan dimulai pada tanggal 16 hingga 30 Juni 2021.

“Eh Roeih, kok baru kini diadoan vaksin. Apokah dek daerah wak ko masuak zona merah, baru ado Gebyar serentak Vaksin covid-19 diadokan disiko..?” tanya Ajo Kamek, manyela Supiak Roeh yang tengah sibuk jadi panitia pelaksanaan gebyar serentak vaksin covid-19.

“Ooo iyo Jo Kamek. Soalnyo sabalunnyo pihak Satgas Covid-19 lah malakukan vaksin untuak masyarakat. Kiniko. dengan adonyo surek edaran dari Bupati, ugang tuwo (lansia) Satangah Tuwo ‘STW’ (pra lansia), Guru, dan patugaih pelayanan di kepemerintahan (pelayan publik) diundang ikuik di vaksin di acara Gebyar Serentak Vaksin-19,” kata Supiak Roeh

“Ooo....iyo tu. Kalau mamakai baju petugaih covid-19 iko Siroeh batambah ghancak nampak dek Ajo,” goda Ajo Kamek.

“Eee...marayu Ajo yo ? Manggoda Ambo Ajo yo ? Alah tu Jo...pai lah kasinan, Ambo sadang sibuk lai nampak dek Ajo.....,” Usir Supiak Roeh sambil mencubit lengan Ajo Kamek.

“Aduah....iyo-iyo, Ndeh mandeh....ibu panitia pamberang bana ma !” gerutu Ajo Kamek. Terpaksa ia harus menyingkir. “Ah daripado binguang, rancak awak ka rumah Jo Manih,” gumamnya.

Di rumah, Ajo Manih sedang ngobrol-ngobrol dengan Ajo Tanduak dan Ajo Badia.

“Assalamualaikum....,” salam Ajo Kamek. “Waalaikumsalam....Jo Kamek. Eh darima Jo Kamek.....?” sambut situan rumah.

“Dari Puskesmas, sambia mancaliak persiapan Pelaksanaan Gebyar Serentak Vaksinasi Covid-19,” jawabnya. “Ah mancaliak persiapan atau marayu Supiak Roeh?” seloroh Ajo Tanduak, nakal. “Ha...ha...ha....kok tahu,” gelak Ajo Kamek, ketahuan.

“Eh kami disiko sadang mampabincangan soal penanganan Covid-19 tu jo,” jelas Ajo Manih. Ajo Badia menyela, “Bana Jo Kamek, penanggan covid-19 di Sumbar harus batua batua sariuih, karano la maluluah lantakkan sendi-sendi ekonomi masyarakaik. Dengan sariuh nyo, sahinggo petugaih yang manangani Covid-19 di Sumbar lah di tuduih pulo mangalambungan dana Covid-19 ko. Sahinggo pihak yang berwajib mampareso patugaih-petugaih tu. Tanyato, pihak yang berwajib indak ado manamuan adonyo pelanggaran melawan hukum yang dilakukan patugaih Covid-19 ntu,” kata Ajo Badia.

Dikatakan Ajo Badia, bahwa pernyataan presiden terkait korupsi dana penangan dampak Covid-19 dapat diartikan, pihak yang terkait untuk dapat segera memeriksa dan mengaudit pengunaan dana tersebut. Penegak hukum harus berani menindak tegas dan menggigit penyelengara negara yang terindikasi atau terbukti melakukan korupsi anggaran penanganan virus covid-19.

Pihak Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) tidak akan mengecualikan pemeriksaan kepada pejabat negara pelaksana anggaran Covid-19 apabila yang bersangkutan terbukti menyelewengkan alokasi anggaran.

Perlindungan hukum bagi pejabat pelaksana dalam Perppu Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan, tak menghalangi tugas audit negara.

Pasal 27 Ayat 2 Perppu 1 Tahun 2020 menyatakan anggota KSSK, Sekretaris KSSK, hingga pejabat Kementerian Keuangan, Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan pejabat lain yang berkaitan dengan pelaksanaan perppu ini tidak dapat dituntut baik secara perdata maupun pidana jika dalam melaksanakan tugas didasarkan pada iktikad baik dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kemudian, Ayat 3 menyatakan bahwa segala tindakan termasuk keputusan yang diambil berdasarkan perppu bukan merupakan objek gugatan yang dapat diajukan kepada peradilan tata usaha negara.

“Wah...pembicaraan kito alah bakambang sangaik mandasar iko Jo,” ucap Ajo Manih mengorkesi.

Lalu lanjutnya,” yang kito kuatirkan, kalau petugaih yang mamareso (yang berwajib) menanggab indak ado kerugian negara dalam permasalahan ko dengan itikad elok, seolah-olah indak akan dipareso lai. Aratinyo, pihak yang bawajib la mangaluan surek SP3, barati kasus ko indak ado, samantaro pihak BPK mamariso angku-angku yang mauruih penanganan Covid-19 ko ado dugaan penyimpangan dana sabanyak Rp7,63 miliyar” kato Ajo Manih. 

“tapi Jo, kalau wak caliak dan awak amati, dengan adonyo Covid-19 ko, takah sangsaro mambaok nikmat. Ba a ghati Jo,” ucap Ajo Kamek menyela.

“Ba a koq sarupo itu Ajo manyabuikan, Covid-19 Sengara Membawa Nikmat,” jawab Ajo Manih.

Ba a indak e dek Ajo pulu, takah penyelenggara pemerintah ntu la, ndak do kanai dek dampak Covid-19 ko doh. Bahkan, penyelenggara ntu, batambah uang saku e..hahaha..haha..haha..,” kata Ajo Kamek sembari ketawa.

Ajo Kamek melanjutkan,” Contoh ketek sajo dek Ajo, lah jalaih ado posko tenda dari terpal Satgas Penangana Covid-19 tagak kokoh di satiok daerah daerah. Indak adoh petugaih yang barado di Posko Satgas ntu doh. Alasan nyo dek Ajo, pitihnyo lah Bakurang untuak tagak di posko ntu, padahal angku-angku ntu la ado gaji dari pemerintah, sampai ka tunjada atau TDP gai. Dek kini ko ado Pelaksanaan Gebyar Vaksinasi Covid-19 la ado baisi ciek-ciek tenda ntu,” kritik Ajo Kamek.

Artinya, Ajo Kamek melanjutkan,” jadi Covid-19 ko iyo batua-batua Sengsara Membawa Nikmat bagi penyelanggara pemerintah dengan dana yang Super Jumbo untuak iko,” ucap Ajo Kamek. 

Acara diskusi terpotong sejenak, karena ada utusan Supiak Roeih datang mengantarkan kue dan pisang goreng sajian Pelaksanaan Gebyar Vaksinasi Covid-19 itu. “Eh ruponyo Siroeih mangarati pulo yo samo kito-kito. Lah Jo, makanan alah tibo, kito cubo kue Siroeih ko dulu,” kata si tuan rumah.

“Ndeh lamak bana, tuan rumah hannyo manyadiokan kopi angek sajo,” sindir Ajo Tanduak, sambil menyedu kopi. Yang disindir cuma cengar-cengir saja. “Yo ayolah, sambia mancubo kue panitia, kito lanjuikan diskusi kito,” ujar Ajo Tanduak, yang sejak tadi cuma jadi pendengar saja.

“Kalau ambo simak nan disampaian dek Ajo Kamek tadi ntu, batua Covid-19 sangsaro mambaok nimaik. Ba a indak dek Ajo ajo, untuak penanganan pasien Covid-19 sampai pasien positif ntu maningga, ambo danga dari kawan Ambo anggaran sampai Rp 90 juta ciek pasien. Ba a indak e dek Ajo kiro-kiro ntu,” kata Ajo Tanduak membuka suara.

Untuk pertama kalinya, Pemerintah Indonesia mengumumkan munculnya kasus positif Covid-19 pada 2 Maret 2020. Sejak itu, Indonesia mulai menggaungkan berbagai upaya. Salah satunya kebijakan fiskal atau penyediaan dana negara untuk membiayai penanganan Covid-19 di bidang kesehatan hingga ekonomi agar segera pulih.

Tujuannya, untuk memutus rantai penularan Covid-19 dan meredam dampaknya yang terjadi di berbagai bidang.

Berdasarkan pertimbangan terus merebaknya kasus positif Covid-19 yang berdampak ke berbagai bidang ekonomi, pemerintah kemudian menyusun asumsi makro ekonomi Indonesia dan kebutuhan dana penanggulangan Covid-19.

Setidaknya sudah tiga kali pemerintah mengubah proyeksi kebutuhan biaya penanganan Covid-19 dalam kurun waktu kurang dari tiga bulan sejak diberlakukan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2020 tentang Perubahan Postur dan Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2020.

Semula anggarannya sebesar Rp 405,1 triliun, yakni untuk kesehatan Rp 75 triliun dan program pemulihan ekonomi nasional (PEN) Rp 330,1 triliun. Kemudian anggaran PEN naik menjadi Rp 641,17 triliun, sedangkan untuk kesehatan tetap Rp 75 triliun.

Perubahan berikutnya Rp 677,20 triliun, terdiri dari Rp 589,65 triliun untuk program PEN dan Rp 87,55 triliun untuk kesehatan. Terakhir, biaya penanganan Covid-19 diperkirakan Rp 695,2 triliun, yakni untuk bidang kesehatan dialokasikan Rp 87,55 triliun dan program PEN Rp 607,65 triliun. Anggaran PEN ini meningkat Rp 18 triliun dari proyeksi sebelumnya Rp 589,65 triliun.

Dengan Super Jumbo untuk anggaran penanganan covid-19 ini, baru-baru ini pihak penyelengaran pemerintah di Sumatera Barat diduga oleh Legislatif di daerah itu terjadinya penyimpangan pengunaan anggaran tersebut.

Sementara pihak direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumbar pada media lokal menyatakan kasus itu diputuskan untuk dihentikan penyidikannya setelah dilakukan gelar perkara. Artinya, kasus tersebut tidak ada unsur pidana.

Menurut Ajo Kamek, apa yang dikemukakan media hari ini terkait kasus penanganan Covid-19 di Sumbar itu, tidak lepas dari fakta-fakta, sesuai tugas yang menjadi perhatiannya. Dan dalam obrolan yang mengasyikan itu, kepada karekan atau kawan-kawan (teman-teman Red) yang tengah serius menyimak komentarnya itu, Ajo Kamek pun berfalsafah, “Dalam mencari kebenaran, itu memang tidak semudah yang kita harapkan, kalu toh muncul kebenaran yang kita cari itu, terkadang perlu waktu cukup lama untuk mengetahuinya!”

“Lalu ba a caronyo Jo Kamek ?” ucap Ajo Badia  tak habis pikir. “Yo sarancaknyo kito pacik kuaik motto berani karena benar, takut karena salah. Ba a kiro-kiro Ajo Kamek tu,” tanya Ajo Tanduak meminta pendapat Ajo Kamek.

“Tapek sakali tu, Jo Tanduak. Sarancaknyo memang baitu,” dukung Ajo Kamek. Semoga hal ini menjadi perhatian kita semua. “Satuju.....,cocok.....,” sahut yang lain, serempak. (*)

 

 

 


Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies