Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Meski Terlambat, Masyarakat Guguak Kuranji Hilir Terima BLT DD Tahap Dua

 

Penyerahan BLT DD di Guguak Kuranji Hilir

Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi - Permendesa PDTT nomor 21  Tahun 2020 tentang Pedoman Umum Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, tertanggal 21 Desember 2020 diterbitkan untuk melaksanakan pembangunan desa yang partisipatif dan berkesinambungan serta mensinergikan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa dengan program pemerintah dan pemerintah daerah, perlu menyusun pedoman tentang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Pemberdayaan Masyarakat Desa adalah upaya mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku, kemampuan, kesadaran, serta memanfaatkan sumber daya melalui penetapan kebijakan, program, kegiatan dan pendampingan yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat desa.

Dalam rangka hal tersebut di atas, Selasa, 22 Juni 2021, mulai sejak pukul 09.00 wib sampai selesai telah dilaksanakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa – BLT DD tahun 2021 Tahap ke-2 (untuk bulan Februari 2021) di Desa/Nagari Guguak Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat.

Penyerahan BLT DD 2021 kepada warga masyarakat yang berjumlah 175 KK kali ini dihadiri oleh M. Sahur (Kepala Desa/ Walinagari), Irman Sofyan (mewakili Camat Sungai Limau), Yoffi Afrianto (Bhabinkamtibmas), Syahrel (Bhabinsa), Abdul Ganip (BPD/ BPN), Yeni Astuti (Pendamping Desa Kecamatan), Sri Wulandari, S.Pd. (PLD), Deasy Anita Syahri Aini (Kasi Pemerintahan), Asrizon S.PdI (Kasi Kesejahteraan), Wali Korong sebanyak 6 orang, tokoh masyarakat serta masyarakat penerima bantuan tersebut.

“Memang ada keterlambatan penerimaan BLT DD 2021 ini, dimana pada tahap ke-1 untuk bulan Januari 2021 baru bisa disalurkan pada tanggal 15 Juni 2021 yang lalu. Kali ini adalah tahap yang ke-2 untuk bulan Februari 2021,” ungkap Asrizon.

Penyaluran BLT DD 2021 ini selalu didampingi oleh Wali Korong masing-masing, dimana di Nagari Guguak Kuranji Hilir ada 6 korong, yakni: Pasar Paingan, Siguruang, Sarang Alang, Kampung Pisang, Bukit Jariang Padang Jambu dan Gumali Bukit Jariang.

M. Sahur memaparkan dalam pengantar pidatonya bahwa dengan adanya BLT DD 2021 ini diharapkan kepada warga masyarakat yang menerima dapat membantu permodalan pedagang kecil dalam usahanya.

“Manfaatkanlah bantuan ini untuk modal dagang usaha kecil atau pedagang kecil agar dapat menggerakkan perekonomian rumah tangga masing-masing. Pergunakan dana BLT yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat ini sesuai dengan kebutuhan bukan sesuai keinginan,” pungkas M. Sahur.

Beliau menambahkan bahwa jangan pergunakan BLT DD 2021 ini untuk membeli barang konsumtif seperti membeli handphone dan lain sebagainya. (aa)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies