Hot Widget

Type Here to Get Search Results !

Lahan Bekas Tambang yang Jadi Ekowisata Berbasis Air Diharapkan Menambah Ekonomi Masyarakat

Gubernur Mahyelsi meresmikan Ekowisata berbasis air di lahan bekas tambang Balah Hilia Lubuk Alung

Lubuk Alung--Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur mendampingi Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi  dalam peresmian Lahan Akses Terbuka "Taman Ekowisata Berbasis Air" di Nagari Balah Hilia, Kecamatan Lubuk Alung, Kamis (17/6).

Acara itu juga dihadiri Direktur Jendral Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Sigit Reliantoro dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Lahan akses terbuka taman wisata yang diresmikan sebagai taman ekowisata berbaisis air ini dulunya merupakan lokasi pertambangan galian C yang beroperasi sejak tahun 2014.

Bupati Suhatri Bur mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI serta Pemrov Sumatra Barat yang telah memberikan perhatian khusus dalam pembangunan taman ekowisata di lahan bekas tambang ini. 

Ia juga mengatakan, lahan bekas tambang harus berada pada kondisi aman dan produktif. Prinsip pemulihan lahan bekas tambang adalah mengembalikan fingsi lahan ke kondisi mendekati kondisi sebelum kegiatan pertambangan.

"Ekowisata merupakan salah satu kegiatan pariwisata berbasis lingkungan dengan mengedepankan aspek konservasi alam, memberi manfaat secara ekonomi, mempertahankan keutuhan budaya bagi masyarakat lokal, hal tersebut tentunya akan sangat membantu untuk perkembangan ekonomi daerah," ujar Suhatri Bur.

Gubernur Mahyeldi mengatakan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kementrian Lingkunhan Hidup dan Kehutanan (KLKH) yang telah membantu memulihkan kembali lahan bekas tambang melalui program pemulihan kerusakan Lahan Akses Terbuka (LAT).

"Saya mengucapkan terima kasih dan apreasiasi setinggi-tingginya kepada Bupati Padang Pariaman yang telah membantu memfasilitasi terselenggaranya acara ini," ujar dia.

Dia mengharapkan bupati bisa mendorong OPD-OPD di lingkungan Pemkab dan sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Lubuk Alung untuk memanfaatkan taman ekowisata bekas lahan tambang secara reguler sebagai tempat melaksanakan kegiatan-kegiatan yang sesuai.

Acara diakhiri dengan penandatangan MuU oleh Walinagari dan tokoh masyarakat setembat yang disaksikan langsung gubernur dan bupati serta acara penanaman pohon bersama. (ad)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Hollywood Movies